TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Desainer Mobil F1 McLaren Kini Jadi Pembuat Truk

Truk yang dibuatnya bernama OX.
Desainer Mobil F1 McLaren Kini Jadi Pembuat Truk
Gordon Murray bersama truk buatannya. (TheSun)

VIVA.co.id – Gordon Murray, salah seorang desainer ternama di dunia balap Formula One (F1) yang secara khusus merancang mobil-mobil balap McLaren kini memiliki profesi lain, yaitu membuat sebuah truk Global Vehicle Trust yang disebut OX.

Murray mengklaim, truk yang satu ini menjadi flat-pack truk pertama di dunia. Untuk membuat truk ini, dia mengaku terinspirasi dari seorang pengusaha bernama Sir Torquil Norman.

Dilansir Autoevolution, Kamis, 8 September 2016, OX dibuat sebagai kendaraan yang mampu melakukan mobilitas tinggi serta mampu mengangkut orang di berbagai lokasi, sekalipun tempat terpencil di berbagai belahan dunia termasuk negara-negara tertinggal.

Murray mengaku, mengembangkan OX dan purwarupanya menjadi salah satu yang paling menarik dan menantang selama 45 tahun mendesain mobil, terlebih mobil balap F1. Secara desain, Murray sengaja membuatnya boxy atau kotak, ditambah lampu membulat. Namun demikian, OX memiliki ground clearance yang tinggi, sehingga truk ini cocok digunakan di berbagai medan.

OX menerapkan tiga kaca jendela di bagian depan. Hal ini pula yang membuat OX menjadi unik, karena tempat mengemudi tidak berada di samping kanan atau kiri, melainkan di tengah. Hal ini sama seperti kopkit mobil-mobil balap F1.

Secara desain, mobil ini memiliki desain panjang 4.229 milimeter dan lebar 2.070mm. Dengan begitu, truk ini mampu mengangkut 13 orang atau delapan drum 44 galon. Secara total, beban yang dapat ditampung bisa mencapai 1.900 kilogram.

Untuk jantung pacu, OX ini telah dilengkapi mesin turbo diesel berkapasitas 2,2 liter yang sanggup menghasilkan tenaga 97 tenaga kuda yang disalurkan ke transmisi manual lima-percepatan.

Saat ini, baru tiga prototype telah selesai dibuat. Selanjutnya, akan dilakukan proses pengumpulan dana untuk melakukan pengujian serta tahap produksi massal.

Sedangkan menurut Sir Torquil Norman, truk ini akan menjadikan mimpinya menjadi kenyataan. “Impian saya adalah melihat OX di semua desa di Afrika,” kata Norman.

(mus)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP