TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Penyebab dan Ciri-ciri Radiator Bocor

Radiator berfungsi menjaga suhu mesin tetap ideal.
Penyebab dan Ciri-ciri Radiator Bocor
Ilustrasi radiator coolant (Toyota Astra)

VIVA.co.id – Bukan hanya bagian mesin saja yang harus dilakukan pengecekan, radiator pun perlu dilakukan pengecekan secara berkala. Sebab, radiator dapat menjaga suhu mesin tetap ideal.

Namun, apabila radiator sering kekurangan air, maka Anda perlu waspada sistem pendingin ini mengalami kebocoran. Ini dapat menimbulkan mesin mobil Anda cepat rusak. Berkurangnya air radiator tidak melulu karena kebocoran. Berkurangnya air juga dapat terjadi akibat rusaknya waterpump (pompa air).

Pompa air sendiri berfungsi untuk memungkinkan sirkulasi air berjalan dengan baik di mesin. Maka jika komponen ini bermasalah, besar kemungkinan mesin akan mengalami overheat. Lantas, bagaimana ciri waterpump bermasalah?

Menurut Junaedi, Kepala Mekanik Bengkel Agung Jaya Baru di Jakarta Timur, ciri ketika waterpump bermasalah yakni timbulnya bunyi pada bagian dekat timing belt. Bunyi tersebut diikuti dengan bocornya air radiator yang cukup deras di bagian samping mesin kendaraan.

"Pertama itu pasti timbul bunyi, terus bearing mulai bermasalah dan akhirnya waterpump juga ikut jebol dengan munculnya air yang sangat deras," kata Junaedi saat berbincang dengan VIVA.co.id, Kamis, 8 September 2016.

Kebocoran itu, menurut dia, jika tidak cepat diantisipasi akan menimbulkan efek yang cukup parah bagi mesin mobil. "Bisa lebih parahnya itu overheat, karena air radiator kan kurang, sehingga mesin panas," ujar dia.

Rusaknya komponen ini, kata dia, bisa terjadi karena usia pakai yang sudah terlalu lama. "Selain itu juga kualitas waterpump ikut berpengaruh, karena kan sering terkena air, pastinya cepat keropos dan berkarat. Kalau bagus, bisa tahan delapan tahunan," tutur dia.

Untuk itu, Junaedi menyarankan agar para pemilik mobil sering melakukan pembersihan pada bagian radiator. Hal ini berguna untuk mengurangi karat yang membuat waterpump cepat keropos. "Kalau bisa dikurasnya sekitar enam bulan, lebih bagus lagi dua bulan sekali. Tapi kadang kan pemilik sibuk dan tidak sempat," kata dia.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP