AISI Terpaksa Koreksi Target Penjualan Sepeda Motor

Penjualan sepeda motor
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) mengoreksi target penjualan sepeda motor tahun ini. Semula target awal sebanyak 6,2 juta unit, namun kini dikurangi menjadi 6 juta unit.

Bukan Cuma Mobil Esemka yang Pakai Nama Garuda

Ketua Umum AISI, Gunadi Sindhuwinata, mengungkapkan pengoreksian target penjualan dilakukan lantaran daya beli masyarakat yang menurun. Hal itu akibat lesunya perekonomian, baik nasional maupun global.

"Tapi kami optimis pada semester kedua ini target 6 juta unit tercapai," kata Gunadi saat berbincang dengan wartawan di Jakarta, Kamis, 8 September 2016.

Enggak Cuma Bebas Denda, Bayar Pajak Kendaran Juga Bisa Dapat Mobil

Gunadi menjelaskan, penjualan sepeda motor jenis skuter matik yang dominan saja kini cenderung menurun. Namun, menurutnya, penurunan paling banyak menimpa motor model bebek.

Ia menambahkan, penjualan sepeda motor selama enam bulan terakhir terhitung Januari-Juni hanya mencapai 3 juta unit. "Harapan kami, 3 juta sisanya bisa tercapai. Mudah-mudahan hal ini bisa terjadi kalau ada perbaikan ekonomi," ucapnya.

Cara Mengganti Alamat di Surat Izin Mengemudi

Meski demikian, ia mengaku optimistis penjualan 6 juta unit sepeda motor bisa tercapai. Menyusul kesepakatan negara yang tergabung dalam G20 untuk melakukan perbaikan ekonomi.

"Kebijakan pemerintah soal tax amnesty juga bisa memperbaiki kondisi perekonomian. Kami optimis penjualan sepeda motor meningkat," katanya. (ase)

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022