Penyebab Mobil 'Brebet' Tak Bertenaga

Mesin mobil
Sumber :
  • viva.co.id/Yasin Fadilah

VIVA.co.id – Mobil yang mengalami brebet saat diajak berakselerasi memang banyak sebabnya. Salah satu penyebab mobil tersendat-sendat dan tak bertenaga adalah bagian filter bahan bakar kotor. Lalu apa yang harus Anda lakukan?

Bingung Kapan Harus Ganti Oli Mobil? Ini 5 Ciri yang Harus Diketahui

Jika mobil Anda mengalami hal demikian, dianjurkan untuk langsung mengecek bagian filter bensin. Hal ini tentunya bisa mengakibatkan aliran bahan bakar yang disalurkan ke ruang bakar menjadi tidak lancar.

Junaedi, Kepala Mekanik Bengkel Agung Jaya Baru di Jakarta Timur mengatakan biasanya gejala itu timbul lebih cepat ketika pemilik mobil sering mengisi bensin dalam posisi rest.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

"Sering isi bensin posisi rest bisa menyebabkan filter bensin cepat kotor, kalau tidak isi posisi rest justru lebih awet. Bagusnya posisinya jangan terlalu rest,” kata Junaedi kepada VIVA.co.id.

Selain itu, tangki yang lama tidak dikuras juga mengakibatkan filter bensin banyak tersumbat oleh kotoran dan akibatnya mesin brebet. "Sebetulnya lebih bagus filter bensin harus sering dibersihkan, cek saja bagian filternya. Kalau sudah rusak, ya jangan diakalin. Ganti saja yang baru," ujar dia.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Ia juga mengatakan, sebaiknya pembersihan filter bensin dilakukan dalam jangka waktu tiga sampai empat tahun. Hal itu untuk mencegah karat pada bagian tangki bahan bakar. Selain itu, dianjurkan untuk menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasinya. Pertamax minimal.

Jika tetap tidak dibersihkan, kata dia, kemungkinan supply bensin akan tidak stabil dan membuat mobil jalannya tersendat-sendat. "Kasarnya bisa saja terjadi mogok," kata dia. (ase)

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022