TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Usai Skandal Emisi, VW Kembali Dihantam 'Prahara'

Gugatan dilayangkan mantan karyawannya, Wolfgang Schreiber.
Usai Skandal Emisi, VW Kembali Dihantam 'Prahara'
Logo Volkswagen (business.rediff.com)

VIVA.co.id – Belum selesai masalah denda skandal emisi yang dihadapi Volkswagen, kali ini raksasa otomotif asal Jerman tersebut mendapat masalah berupa gugatan yang mencapai triliunan. Gugatan dilayangkan mantan karyawannya, Wolfgang Schreiber.

Menurut Schreiber, yang merupakan mantan Kepala Bentley dan Bugatti (bagian grup VW), sengaja menggugat bekas perusahaannya itu atas royalti hak paten transmisi gearbox DSG (Direct-Shift Gearbox).

Seperti dilansir Carcoops, Schreiber mengklaim pada periode 1996-2003, ia telah menjabat Head Transmission Development Department VW yang memainkan peranan penting sehingga membawa DSG gearbox terkenal di pasaran.

Selama itu pula, berbagai paten untuk teknologi terkait juga diklaim ditemukan Schreiber. Beredar kabar, bahwa gugatan ini dikarenakan kompensasi yang diberikan perusahaan kepada Schreiber tak sebanding dengan apa yang ditemukannya.

Namun, menurut majalah Jerman Der Spiegel, sebenarnya pihak VW telah menawarkan kompensasi sebesar 20 juta Euro (sekitar Rp294 miliar), namun ditolak. Schreiber rupanya  meminta ganti rugi yang lebih besar yang diyakini mencapai ratusan juta euro.

Sejak diluncurkan pada 2003, DSG gearbox yang dibenamkan pada produk VW telah digunakan lebih dari empat juta unit di berbagai model mobil. (ase)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP