TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Bahaya Gonta-ganti Oli, Anda Harus Tahu

Ternyata perawatan ekstra belum tentu membuat mobil Anda tetap sehat.
Bahaya Gonta-ganti Oli, Anda Harus Tahu
Kuras oli mesin mobil. (Bmwblog)

VIVA.co.id – Ternyata perawatan ekstra belum tentu membuat mobil Anda tetap sehat. Ada beberapa hal yang terkadang penting, tapi banyak orang tak tahu. Akibatnya, perawatan pun jadi sia-sia.

Salah satu hal penting yang sebenarnya tak boleh dilakukan adalah gonta-ganti oli. Anda tahu kenapa?

Kepala Bengkel Toyota Sunter Iwan Abdurahman mengatakan, struktur molekul pada oli merek satu dengan yang lain belum tentu sama. Itu sebabnya oli yang berbeda belum tentu bisa bercampur sempurna.

Padahal, jika ganti oli, saat pengurasan belum tentu sempurna. Ada oli yang masih menempel pada mesin bagian dalam, tapi sudah diisi dengan oli baru. 

"Nah ini yang jadi masalah bila olinya berbeda," katanya di sela uji berkendara Toyota Calya di Bandung-Garut, 8-9 September 2016. 

Saat oli tidak bercampur sempurna, nantinya itu yang bisa jadi kerak dan menempel pada mesin. "Lama-lama mesin akan bermasalah," ujar Iwan.

Karenanya, dia menyarankan, lebih baik bila mengganti oli, pakailah merek yang sama sesuai standar. Jangan sesekali pakai oli bagus dan sesekali oli jelek. "Pakailah oli dengan konsisten, setia dengan satu merek," katanya menyarankan.

(mus)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP