Panduan Ganti Air Radiator Sendiri di Rumah

Ilustrasi radiator coolant
Sumber :
  • Toyota Astra

VIVA.co.id – Perawatan radiator pada mobil, memang tidak serepot melakukan perawatan mesin. Namun, banyak yang abai dengan kondisi radiator pada kendaraan, utamanya untuk sekadar mengganti air radiator.

Ada Air Radiator yang Bisa Berubah Warna di GIIAS 2023

Sebenarnya, mengganti air radiator tak mesti membawa kendaraan ke bengkel, karena bisa dilakukan sendiri di rumah. Jika dilakukan di rumah, tentu akan mengirit pengeluaran.

Menurut Junaedi, kepala mekanik Bengkel Agung Jaya Baru di Jakarta Timur, merawat radiator memang gampang-gampang susah. Akan jadi masalah, jika rasa malas tiba untuk melakukan perawatan kendaraan.

Yuk Mengenal Air Radiator, dari Fungsi, Warna Hingga Waktu Ganti

"Bagi yang apik, pastinya akan mudah merawat radiator mobilnya. Kalau pun tidak ke bengkel, dilakukan sendiri pun bisa," kata Junaedi kepada VIVA.co.id, Jumat 9 September 2016.

Junaedi pun membagi beberapa cara mudah mengganti air radiator pada mobil yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Langkah pertama, yakni pastikan mesin mobil dingin, agar tidak berbahaya saat dibuka. Setelah itu, buka tutup bagian atas radiator. Agar air radiator bisa terkuras, buka baut pembuangan radiator yang berada di bagian bawah radiator. 

"Kemudian, tunggu airnya keluar dengan estimasi waktu lima sampai 10 menit hingga bersih," ujar dia.

Langkah kedua, setelah air radiator sudah terkuras, tutup bagian bawah radiator dengan baut yang sama saat dibuka. Jangan lupa untuk membuka baut pembuangan angin. "Setelah itu langsung diganti air radiatornya, kalau ada anginnya buang pelan -pelan aja. Kalau sudah penuh, tutup pembuangan angin dengan baut," tutur dia.

Ketiga, setelah ditutup pembuangan airnya, biarkan lubang radiator atas terbuka untuk membiasakan radiator dengan cairan yang baru. "Nah, sambil dihidupkan mesinnya. Supaya air yang tadinya sudah kita isi penuh, turun ke bawah. Kalau masih ada ruang kosong pas dihidupkan, isi lagi dengan air," kata dia.

Keempat, tutup lubang radiator bagian atas dengan rapat. Agar tidak terjadi kebocoran. "Terakhir, cek reservoir. Kalau kotor, bersihkan dan kuras. Isi lagi dengan cairan yang baru. Setelah selesai, cek apakah ada yang bocor, atau tidak," kata dia. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya