TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Jangan Coba-coba Bersihkan 'Dashboard' dengan Detergen

Hal ini masih diterapkan sebagian pemilik kendaraan.
Jangan Coba-coba Bersihkan 'Dashboard' dengan Detergen
Ilustrasi dashboard mobil. (Pixabay/MikeBirdy)

VIVA.co.id – Sudah sewajarnya pemilik mobil mengidamkan tunggangan yang nyaman saat dikendarai. Faktor pendukung kenyamanan di antaranya yakni kebersihan, baik eksterior, dan khususnya interior alias kabin. Hanya saja, tidak semua pemilik mobil tahu bagaimana cara melakukan perawatan kabin.

Menurut General Manager Technical Service PT Toyota Astra Motor (TAM) Dadi Hendriadi, meski terdengar sepele, namun ada hal yang harus diperhatikan dan tak boleh sembarang ketika membersihkan debu pada bagian interior. Sebut saja ketika ingin menggunakan cairan pembersih pada bagian dashboard.

Kata Dadi, membersihkan dashboard sebaiknya menggunakan cairan khusus. Karena, apabila mengandung minyak, hal itu justru akan merusak dashboard. “Karena kalau yang mengandung minyak atau pelarut malah bisa merusak dashboard. Memang dalam jangka waktu yang lama, tapi tetap saja bisa merusak,” kata Dadi seperti dilansir situs Toyota Astra, Jumat, 9 September 2016.

Dadi juga menegaskan, yang harus dihindari saat membersihkan kabin adalah menggunakan bahan detergen. Zat kimia yang terdapat pada detergen dianggap dapat membuat dashboard menjadi cepat kering. “Nantinya setelah kering akan mudah retak-retak. Jadi sebaiknya setelah dibersihkan, langsung menggunakan cairan khusus saja agar aman dan tetap terlihat bersih,” ujarnya.

Sedangkan jika kotoran atau debu yang melekat saat musim panas, Dadi menyarankan, cara sederhana yang pertama kali dilakukan yakni menghapusnya dengan menggunakan kemoceng.

Setelah itu, lanjut dia, Anda harus menggunakan cairan khusus yang sudah banyak dijual di toko-toko aksesori aftermarket.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP