TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Mobil Murah Calya Rusak Pasar Avanza-Xenia Bekas

Banyak konsumen melirik harga baru Calya ketimbang edisi Avanza bekas.
Mobil Murah Calya Rusak Pasar Avanza-Xenia Bekas
Calya dan Sigra, Mobil LCGC Terbaru (VIVA.co.id/Purna Karyanto)

VIVA.co.id – Mobil jenis keluarga alias Multi Purpose Vehicle (MPV) hingga kini masih jadi primadona masyarakat Indonesia. Tak cuma edisi barunya yang diminati, mobil bekasnya pun masih sangat diminati. Dua MPV yang dikenal menguasai pasar baik edisi baru maupun bekasnya yakni Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Namun, ada satu fenomena baru yang kini dirasakan pada pasar MPV, khususnya edisi bekas. Para pedagang rupanya nampak direcoki dengan kehadiran mobil keluarga murah ramah lingkungan alias Low Cost and Green Car (LCGC) Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Mobil yang dijual dengan banderol Rp100 jutaan itu disebutkan mampu memberikan efek terhadap pedagang mobil bekas.

Berdasarkan riset yang dilakukan divisi penelitian dan pengembangan (Litbang) Carmudi Indonesa, tercatat ada pengaruh besar kehadiran Toyota Calya dan Daihatsu Sigra bagi para pedagang mobil bekas. Seperti diutarakan Ketua Ikatan Pedagang Mobil Jakarta Timur (IPMJ), Ahmad Fadilah.

“Harga yang ditawarkan itu (Calya dan Sigra) cukup mengurangi demand pembeli mobil bekas Avanza dan Xenia hingga mencapai 50 persen, itu karena adanya kesamaan kisaran harga mobil bekas Avanza dan Xenia dengan mobil baru Calya dan Sigra,” kata Ahmad dalam keterangan resmi yang diterima redaksi, Selasa, 13 September 2016.

Menilik dari harga kisaran yang diberikan pemegang merek MPV LCGC tersebut memang sangat menarik para calon pembeli mobil bekas. Harga terendah Rp106,6 juta hingga Rp149 juta cukup membuat konsumen mobil bekas untuk melirik MPV LCGC keluaran terbaru tersebut.

Sementara itu, menurut Chief Executive Officer (CEO) Carmudi Indonesia, Subir Lohani, ada kencenderungan kalangan ekonomi menengah di Indonesia yang sudah mulai membandingkan antara LCGC keluaran terbaru dengan MPV bekas sekelas Avanza dan Xenia.

“Kami melihat kebiasaan konsumen dalam memilih kendaraan pertama mereka. Model mobil seperti Avanza dan Xenia telah mendominasi baik pasar mobil baru maupun bekas selaras dengan keduanya telah menjadi produk berkualitas dengan harga terjangkau,” kata dia.

“Namun, sekarang kami melihat adanya generasi baru dari pembeli yang menginginkan mobil LCGC dengan ukuran dan fungsi seperti Avanza dan Xenia, tapi dengan harga yang lebih rendah dari kedua mobil tersebut,” kata Subir.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP