TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Harga Pasaran Avanza-Xenia Bekas Jeblok, Turun Rp15 Jutaan

Calya dan Sigra dijual dengan harga Rp100 jutaan.
Harga Pasaran Avanza-Xenia Bekas Jeblok, Turun Rp15 Jutaan
All New Xenia Attivo (VIVAnews/Sandy Mahaputra)

VIVA.co.id – Baru-baru ini pasar otomotif di Tanah Air kedatangan pendatang baru dari segmen Low Cost and Green Car (LCGC) alias mobil murah ramah lingkungan, yakni Calya dan Sigra. Kedua mobil keluarga tujuh penumpang itu dipasarkan dengan harga dengan rentang Rp100 juta - Rp150 juta.

Harga itu rupanya membuat pasar mobil bekas dengan harga tersebut surut pembeli, termasuk dua mobil sejuta umat Avanza-Xenia. Selain dua mobil itu, ada juga edisi bekas dari Nissan Grand Livina SV (2012) hingga Honda Jazz iDSI (2005) yang juga ikut terpengaruh setelah adanya Calya-Sigra.

Menurut data Carmudi Indonesia, setelah adanya Calya-Sigra, ditemukan adanya pergerakan dari para penjual mobil bekas untuk menurunkan harga jual mobilnya. 

Tidak hanya itu, pedagang mobil bekas yang menjual Avanza dan Xenia juga melakukan usaha untuk menarik calon pembeli dengan mengubah harga jual mobil bekas tersebut. Jika sebelum peluncuran Calya dan Sigra pada bulan Agustus 2016, mobil Avanza bekas tahun 2016 dihargai Rp165 juta, sebulan kemudian harga pasaran mobil tersebut menjadi Rp160 jutaan.

“Hal itulah yang membuat konsumen banyak membandingkan keluaran LCGC terbaru dengan Avanza dan Xenia bekas. Itu juga berimbas pada terjadinya depresiasi harga di pasar mobil bekas untuk model Avanza dan Xenia,” ujar Chief Executive Officer (CEO) Carmudi Indonesia, Subir Lohani dalam keterangan resminya, Selasa, 13 September 2016.

Dia mengatakan, fakta menunjukkan jika telah terjadi depresiasi sebanyak tiga persen terhadap mobil bekas tersebut hanya dalam rentang satu bulan setelah peluncuran Calya dan Sigra. Temuan serupa juga diamati Herjanto Kosasih, Senior Manager WTC Mangga Dua, yang terkenal sebagai bursa mobil bekas terbesar di Indonesia.

Menurut Herjanto, harga mobil bekas Avanza-Xenia mengalami penurunan harga 5-10 persen atau jika dinominalkan sebesar Rp15 jutaan.

Sementara menurut Ketua Ikatan Pedagang Mobil Jakarta Timur (IPMJ), Ahmad Fadilah, semenjak adanya Calya dan Sigra, pasar mobil bekas utamanya Avanza dan Xenia turun sebanyak 50 persen. "Itu karena adanya kesamaan kisaran harga mobil bekas Avanza dan Xenia dengan mobil baru Calya dan Sigra,” kata Ahmad.
 

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP