Motor NMax Mudah Kotor saat Hujan, Ini Solusinya

Hugger untuk Yamaha NMax.
Sumber :
  • viva.co.id/Jeffry Sudibyo

VIVA.co.id – Bagi pengguna Yamaha NMax ketika memasuki musim hujan sudah tidak heran kalau mesin jadi lebih kotor. Pasalnya, dengan dimensi ban lebar, Yamaha tidak menyematkan hugger atau spakbor kolong pada motor matik unggulannya itu.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Steven, penggawa Layz Motor di kawasan Jalan Panjang Jakarta mengatakan, karena standar NMax tidak ada hugger atau spakbor kolong pada roda belakang maka aksesori untuk ‘kebersihan’ motor ini banyak beredar.

Menurutnya, hugger ini untuk meminimalisasi cipratan air yang sering mengotori mesin, kalau keadaan jalanan basah atau dalam kondisi hujan. Menariknya, hugger buatannya dapat menggunakan ukuran ban maksimal hingga 150/14.  

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Lalu bagaimana cara pemasangannya? Ternyata pemasangannya cukup simpel. Yang pertama, buka dahulu box CVT sebelah kiri dan filter udara agar memudahkan Anda memasang baut pegangan braket hugger. Untuk membuka box CVT dan filter udara dibutuhkan kunci T10 dan obeng plus.

Setelah itu, pasang baut 10 tambahan yang ukurannya pendek untuk pegangan bracket, dan atur tinggi rendahnya bracket sesuai selera. “Baut pegangan bracket sudah disediakan setiap pembelian hugger, pun dengan bracket-nya,” tuturnya.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Ia mengatakan, untuk bracket-nya sendiri terbuat dari besi, kalau hugger-nya terbuat dari fiber, warnanya beragam ada hitam, merah, putih, abu-abu dan lain-lain tergantung pemesanan. “Untuk harganya sendiri kami banderol Rp275 ribu,” katanya.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022