RPM Mobil Naik Turun Tak Stabil, Ini Penyebabnya

Tachometer
Sumber :
  • flickrhivemind

VIVA.co.id – Bagi Anda yang menggunakan mobil Toyota Avanza dengan tahun lama dan masih menggunakan speedometer/tachometer analog, pasti Anda pernah mengalami rpm yang naik turun tak stabil. Hal ini tentu akan mengganggu pikiran Anda karena takut kendaraan tengah bermasalah.

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Namun, Anda tak perlu khawatir dengan hal itu. Mugiman, mekanik mobil yang buka praktek di Pondok Bambu, Jakarta Timur menjelaskan, rpm yang tak stabil itu disebabkan oleh rusaknya atau melemahnya fungsi Idle Speed Control (ISC) pada mobil.

"Kalau itu beragam, bisa karena kabel kecepatannya yang sudah lemah atau bahkan karena ISC-nya sudah mulai kena dan tandanya akan rusak," kata Mugiman saat ditemui VIVA.co.id, Selasa, 13 September 2016.

Bukan Cuma Mobil Esemka yang Pakai Nama Garuda

ISC sendiri merupakan komponen yang berfungsi mengatur rpm, terutama saat menyalakan Air Conditioner (AC) pada mobil. Biasanya, ISC digunakan untuk semua mobil yang telah menggunakan sistem injeksi (injection).

“Tandanya memang begitu, naik turun. Itu tanda kalau harus diganti. jangan biarkan tetap begitu, kalau ISC sudah rusak parah, mesin jadi tidak stabil dan rpm suka tidak mau turun lagi. Ya cukup bahaya juga ya buat pengguna untuk mengatur kecepatannya,” ujar dia.

Enggak Cuma Bebas Denda, Bayar Pajak Kendaran Juga Bisa Dapat Mobil

Lebih lanjut, menurutnya penyebab kerusakan dari ISC sendiri bisa disebabkan karena usia pakai yang terlalu lama. “Biasanya itu karena usia pakai yang sudah terlalu lama. kalau dilihat, rpm yang naik turun ini juga biasanya dialami oleh pengguna mobil Toyota Avanza kebanyakan," katanya.

Maka dari itu, Ia menyarankan apabila pemilik mobil mengalami hal demikian, agar cepat dilakukan pergantian, agar tidak terjadi masalah saat dikendarai. "Ganti saja, harganya cukup murah kok sekitar Rp55 ribu sampai Rp65 ribuan. Tergantung mereknya."

(mus) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya