TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Kelebihan dan Kekurangan Motor Pakai Lampu LED

Lampu LED dianggap memiliki daya sorot yang cukup luas.
Kelebihan dan Kekurangan Motor Pakai Lampu LED
Suzuki Satria F115 Young Star (VIVA/Dian Tami)

VIVA.co.id - Sepeda motor saat ini sudah banyak yang menggunakan lampu berteknologi Light Emitting Diode (LED). Tujuannya, terkait dengan sorotan cahaya yang berfokus pada jangkauan yang cukup luas, namun tidak sampai membuat mata menjadi silau.

Menurut Manajer Service Suzuki roda dua, Bayu Marahimin, banyak keuntungan yang didapat pengendara motor yang kendaraannya menggunakan LED. "LED itu lebih awet dari lampu pijar biasa, untuk keawetannya enggak bisa kami prediksi," kata Bayu kepada VIVA.co.id, di Jakarta, Selasa 13 September 2016.

Kata dia, lampu LED membutuhkan listrik yang tidak terlalu besar dibanding lampu bohlam biasa. Hal itu tentu akan meringankan kinerja kelistrikan sebuah kendaraan sehingga membuat performa mesin jauh lebih efisien dan hemat bahan bakar.

"Lampu LED itu voltasenya rendah, jadi dia bisa bikin motor itu hemat, dan minim risiko dengan lampu bohlam yang biasa, dia enggak akan rusak," ujarnya menerangkan.

Bayu menambahkan, lampu LED yang memancarkan cahaya terang tetapi dayanya tetap rendah, menjadi salah satu alasan banyak pengendara kemudian beralih menggunakan lampu LED pada motornya. "Pencahayaan lampu LED lebih stabil, kenapa sekarang orang lebih beralih ke LED lebih berkualitas dan awet," ujarnya.

Namun demikian, ada kekurangan dari penggunaan lampu LED tersebut. Jika satu buah lampu LED rusak atau putus, maka lampu LED harus diganti secara keseluruhan. Untuk biayanya penggantian pun bisa dibilang tidak murah. "LED di motor itu gabung sama led vectors, jadi kalau rusak ya diganti semuanya. Biasanya kalau motor Suzuki yang pakai lampu LED kena biaya sekira Rp600 ribu seperti Suzuki Satria FI injeksi," ujarnya.

Maka itu, kata dia, pengguna sepeda motor yang kendaraannya menggunakan lampu LED harus dirawat dengan baik. Pengguna bisa melakukan pengecekan voltase sistem kelistrikan secara berkala. "Agar lampu LED awet tidak rusak, ya harus cek voltase sistem kelistrikannya, kalau sistem kelistrikan aman enggak ada masalah," katanya.

(mus)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP