TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Calya-Sigra Pakai Pelek 17 Inci, Aman Tidak?

Ada beberapa syarat agar pelek baru tidak menimbulkan masalah.
Calya-Sigra Pakai Pelek 17 Inci, Aman Tidak?
Toyota Calya pakai pelek 17 inci. (Dok: Sofyan Hadi)

VIVA.co.id – Beberapa pemilik Toyota Calya dan Daihatsu Sigra merasa kurang puas dengan tampilan pelek 14 inci bawaan pabrik. Sebab, dimensinya dikatakan masih kurang proporsional, karena masih menyisakan ruang yang cukup luas pada fender mobil.

Maka dari itu, ada beberapa anggota Calya Sigra Community (Calsic) yang mengganti pelek mobil low cost green car (LCGC) itu dengan ukuran yang lebih besar.

Salah satunya Ade Habbie. Pemilik Calya berwarna merah ini yang mengganti pelek dengan bawaan Honda Jazz berukuran 16 inci. Tidak butuh proses lama, karena jumlah dan ukuran baut roda sama. Hanya saja, kemudi jadi terasa agak berat.

Ia mengatakan, penggunaan pelek 16 tidak ada masalah, meski mobil digunakan untuk harian. “Tidak ada gejala oleng. Untuk tenaga dan akselerasi juga tidak ada perubahan signifikan. Speedometer masih tetap berfungsi akurat,” ujar pendiri Calsic itu saat berbincang dengan VIVA.co.id, Selasa, 13 September 2016.

Habibie menjelaskan, pelek bawaan mobil lain juga aman dipakai, asalkan ukuran dan lubang bautnya sama. “Karena setahu saya, setiap mobil itu mempunyai ruang untuk menaikkan ukuran pelek hingga 2 inci,” jelasnya.

Pemilik Calya lainnya, Sofyan Hadi, bahkan telah mengganti pelek dengan ukuran 17 inci. Menurutnya, selama per suspensi tidak diubah, maka tidak ada masalah.

“Yang penting, offset pelek 45 dan ukuran ban harus 205/45. Karena kalau 205/50, ketika belok akan mentok sepatbor,” ungkapnya.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP