TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Manfaat Lain Pakai Angin Nitrogen untuk Ban

Umumnya konsumen hanya tahu ban jadi lebih empuk.
Manfaat Lain Pakai Angin Nitrogen untuk Ban
Mesin pengisian nitrogen. (Dian Tami/VIVA.co.id)

VIVA.co.id – Jasa pengisian nitrogen pada ban di sejumlah SPBU semakin marak ditemui. Penggunanya pun tak sedikit, mulai dari roda empat hingga kendaraan roda dua.

Rata-rata konsumen memilih angin nitrogen karena dinilai dapat membuat ban menjadi empuk, sehingga perjalanan sedikit lebih nyaman. Namun banyak yang belum mengetahui, nitrogen juga mengusung beberapa manfaat lain.

Kepala Bengkel My Auto di Duren Sawit, Jakarta Timur, Ma'ruf Zainudin, menjelaskan, pemuaian suhu nitrogen lebih lambat dan stabil. Efeknya, pemuaian ban tidak sebesar udara biasa.

"Ini karena angin nitrogen memiliki molekul yang lebih besar dibandingkan udara biasa, sehingga tidak mudah mengalami kempes dan juga tidak terlalu panas," kata Ma'ruf kepada VIVA.co.id, Rabu 14 September 2016.

Kelebihan nitrogen lainnya, tambah dia, yaitu dapat mengurangi potensi kebocoran pada ban. Hal ini karena kandungan nitrogen yang bersifat tidak reaktif, sehingga diklaim lebih aman.

"Itu bisa terjadi, karena nitrogen menjaga suhu ban tetap dingin dengan molekulnya. Selain itu, nitrogen tidak mengandung air, jadi pelek bebas dari korosi,” jelasnya.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP