Lakukan Ini Agar Harga Jual Motor Tetap Tinggi

Jual beli motor bekas
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dian Tami

VIVA.co.id – Setiap tahun, pabrikan sepeda motor berlomba-lomba meluncurkan produk baru dengan model yang semakin menarik dan beragam.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Populasi sepeda motor yang sudah tinggi membuat pabrikan motor tidak bisa mengandalkan penjualan ke konsumen baru saja. Mereka juga harus mencari cara agar konsumen yang sudah punya motor mau menggantinya dengan model baru.

Sayangnya, tidak semua pemilik rajin merawat motor mereka. Hal itu berdampak pada turunnya harga jual kembali motor tersebut.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Salah satu faktor yang memengaruhi harga jual kembali sepeda motor adalah kondisinya. Pedagang atau calon pembeli akan mudah tergiur jika bodi motor bersih dan bebas karat.

Dilansir dari Fdrtire, Rabu 14 September 2016, ada cara mudah agar bodi dan komponen motor bisa bebas karat, yakni dengan membersihkan empat komponen yang rawan terkena korosi.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Proses pembersihan ini wajib dilakukan usai motor diguyur hujan atau menerjang banjir. Berikut komponen yang perlu dibersihkan:

  1. Rantai motor. Air hujan yang bersifat asam bisa memicu terjadinya karat pada rantai motor, apalagi jika Anda tidak menggunakan penutup rantai.
  2. Rem cakram. Saat mengendarai motor dalam keadaan hujan, kotoran bisa menempel di cakram rem, sehingga perlu segera dibersihkan agar tidak mengganggu fungsinya.
  3. Knalpot. Kotoran yang menempel di knalpot, apalagi yang bercampur dengan air hujan, bisa sebabkan keropos.
  4. Pelek, terutama pelek jari-jari. Perlu segera dibersihkan, agar tidak keropos. Gunakan lap untuk membersihkannya.
Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022