TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Alasan Pabrikan Motor Cuma Kasih Kunci Busi & Kunci 10

Berbeda dengan dahulu, lengkap dengan tang hingga obeng.
Alasan Pabrikan Motor Cuma Kasih Kunci Busi & Kunci 10
Perlengkapan kunci busi sepeda motor. (smartf)

VIVA.co.id - Dalam setiap unit sepeda motor yang dijual ke pasaran, pabrikan telah membekali tool kit, atau kunci-kunci sebagai perlengkapan unit kendaraan roda dua. Adapun perangkat itu biasanya terdiri dari obeng, kunci busi, kunci 10, tang, dan kunci 'L'. Namun, seiring berjalannya waktu, pabrikan kini hanya menyediakan kunci busi dan kunci 10.

Lantas, mengapa saat ini pabrikan hanya membekali dua kunci tersebut di tiap unit sepeda motornya?

General Manager After Sales and Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Muhammad Abidin mengatakan, sepeda motor saat ini telah ditanami teknologi canggih sistem injeksi yang dinilai less maintenance.

"Dulu kan, pakai teknologi karburator. Kalau sekarang, sepeda motor pakai injeksi, jarang ada masalah seperti motor-motor karburator," kata Abidin kepada VIVA.co.id di Jakarta, Rabu 14 September 2016.

Kata dia, kunci busi dan kunci 10 merupakan peralatan darurat yang wajib disediakan pabrikan di tiap unit sepeda motor. Untuk perlengkapan sepeda motor lainnya sengaja tak disediakan, karena tiap pabrikan biasanya telah mengecek komponen apa saja yang tak bisa dilakukan konsumen sendiri.

"Kunci-kunci motor sekarang itu, memang enggak selengkap dulu. Kalau dulu, kita butuh banyak kunci untuk perlengkapan. Kalau yang sifatnya berat, enggak bisa dilakukan konsumen kayak kunci L, atau kunci khusus lainnya biasanya sudah dilakukan pengecekan di bengkel," ungkapnya.

Senada juga diungkapkan Kusnadi, mekanik Yamaha di Kayu Jati, Jakarta Timur. Menurut dia, motor yang dibekali sistem injeksi, tidak bisa sembarang dibongkar oleh pengguna sepeda motor. Kata dia, hanya beberapa komponen yang bisa dibongkar para pemilik motor.

"Kalau motor sekarang kan sudah injeksi, jadi orang juga enggak bisa bongkar sembarangan. Harus di bengkel resmi. Jadi, ya yang dibutuhkan cuma kunci busi dan kunci 10 untuk pelat nomor saja," ujar Kusnadi.

Kata dia, baik kunci busi maupun kunci 10 merupakan peralatan wajib yang harus dibawa para pengendara motor. Bila sewaktu-waktu terjadi masalah pada motor di jalan. "Makanya cuma ada dua kunci, kunci busi dan kunci 10. Paling kalau ada masalah di jalan biasanya yang paling dulu dilihat businya," katanya. (asp)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP