TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Bikin Pintu Mobil 'Gunting' ke Atas, Berikut Biayanya

Banyak bengkel custom di ibu kota yang menawarkan jasa demikian.
Bikin Pintu Mobil 'Gunting' ke Atas, Berikut Biayanya
Pintu mobil bergaya scissor door. (Newcars)

VIVA.co.id – Bagi Anda pencinta modifikasi, tak ada salahnya melirik pengaplikasian pintu mobil layaknya Lamborghini dan MacLaren yang bisa terbuka ke atas. Gaya ini disebut pintu gunting, alias scissor door.

Untuk mengaplikasikannya, sudah banyak bengkel modifikasi di ibu kota yang menawarkan jasa custom pintu demikian. Harga yang ditawarkan pun relatif.

Salah satu tempat rekomendasi untuk mengubah pintu mobil bergaya scissor door, yakni Linet Lambodoor yang terletak di kawasan Manggarai, Jakarta Selatan. Menurut Hermawan, penggawa Linet Lambodoor, pintu gunting memiliki lima jenis, mulai dari lambo door, outswing, buterfly, camar, dan suicide door. Semua memiliki model elektrik dan manual.

Untuk mobil harian, kebanyakan menggunakan model gunting lambo door. "Pintu depan sekelas city car kami banderol Rp8,5 juta, dan itu manual bukan yang elektrik," ujarnya, saat ditemui VIVA.co.id, Rabu 14 September 2016.

Sedangkan untuk Sport Utility Vehicle, seperti Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero dan sekelasnya, untuk pintu depan model lambo door harganya Rp9,5 juta. Menurut dia, bila sekelas sedan seperti Toyota Camry, Honda City, harganya sama dengan city car yakni Rp8,5 juta.

"Kecuali untuk mobil built-up yang dua pintu, harganya lebih mahal. Seperti Mazda RX7, Nissan Skyline, Toyota Celica dan sejenisnya. Engselnya beda lebih besar lagi, jadi harganya lebih mahal. Kami banderol rata-rata Rp11 juta," tuturnya.

Untuk biaya pintu elektrik, tentu lebih mahal, karena ada tambahan peranti khusus. Kata dia, kalau manual hanya menggunakan engsel dan gaspring saja, sedangkan untuk elektrik ditambah motorized.

Proses pembuatan pintu gunting mobil.

"Untuk elektrik ada penambahan biaya Rp6 juta, untuk semua jenis mobil. Motorized kami produk Taiwan, itu sudah satu set kiri-kanan. Juga sudah dapat remote empat channel, relay, dan modulnya," ujarnya.

Ia mengatakan, untuk pemasangan semua jenis pintu gunting di sini diberikan garansi selama enam bulan. "Semuanya sudah diperhitungkan, jadi wajar kalau harga kami lebih mahal. Untuk gaspring kami pesan dari Amerika, kecuali engsel yang custom sendiri dengan sistem pemotongan laser," tuturnya. (asp)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP