TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Untung-Rugi Motor Pakai Ban Lebar

Saat ini pengaplikasian ban lebar tengah digandrungi banyak biker.
Untung-Rugi Motor Pakai Ban Lebar
Ban tapak lebar pada sepeda motor. (Istimewa)

VIVA.co.id – Jika mengamati perkembangan modifikasi roda dua di Tanah Air, ternyata banyak biker yang tengah menggandrungi pengaplikasian ban tapak lebar. Alasannya, selain gagah secara penampilan, juga mendukung berkendara saat menikung. Ban lebar juga dipercaya memiliki sejumlah diferensiasi positif, salah satunya dapat membuat motor lebih seimbang dan mampu meredam guncangan di jalanan dengan maksimal.

Hal itu pun diakui oleh Ario, penggawa toko Rumah Ban Motor di daerah Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Menurutnya, ban lebar juga membuat traksi lebih banyak ke aspal, sehingga daya cengkeramnya lebih baik. "Selain itu, dari sisi keamanan, meredam vibrasinya juga lebih baik," kata Ario saat berbincang dengan VIVA.co.id, Rabu, 14 September 2016.

Ario mengatakan, manfaat tersebut bisa didapatkan dengan catatan ban motor yang diganti tidak terlalu oversize ukurannya. "Tapi tergantung lebarnya ya, kalau terlalu oversize tidak begitu bagus dampaknya. Misalkan upsize naik satu, itu baru akan ada dampak baik buat berkendara," ujar dia.

Namun, selain dampak positif yang didapatkan kala menggunakan ban lebar, penggunaan ban lebar sendiri memiliki efek negatif atau kerugian jika digunakan pada sepeda motor. "Ganti ban jadi lebar itu pasti lebih berat, selain itu konsumsi bahan bakar akan lebih boros, karena berat yang berbeda dari ban biasa," tutur dia.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP