TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Waspadai Semir Ban Jenis Ini

Semir berbahan silikon bisa merusak karet ban.
Waspadai Semir Ban Jenis Ini
Semir ban. (Carthrottle)

VIVA.co.id – Setelah mencuci kendaraan, umumnya ban disemir dengan cairan khusus agar tampil bersih dan mengkilap.

Namun, ternyata tak semua semir ban baik untuk digunakan. Bahkan disebut-sebut, sebagian ada yang bisa merusak lapisan karet ban.

Sales Manager Detailbox, Oktavianus mengatakan, umumnya semir ban yang beredar di pasaran terbagi menjadi dua jenis, yakni semir berbahan dasar air atau water based dan semir ban berbahan silikon.

"Semir ban yang bahan dasarnya water based lebih aman dibanding semir ban silikon," kata Oktavianus kepada VIVA.co.id di Jakarta, Rabu 14 September 2016.

Kata dia, semir ban berbahan silikon berbahaya jika digunakan secara terus menerus. Biasanya, semir silikon kerap dijumpai di tempat cuci mobil maupun motor. Pemilik kendaraan disarankan untuk berhati-hati saat mencuci kendaraannya.

"Kalau semir silikon dipakai terus menerus, (ban kendaraan) memang sangat kinclong, tapi merusak karet ban," ujarnya menerangkan.

Semir berbahan silikon umumnya berwarna putih susu, dan bila disemir ke ban akan lengket. Efeknya, sifat elastis karet ban jadi berkurang.

"Nah, kalau semir berbahan water based itu warnanya jernih dan tidak lengket. Biasanya, silikon dicampur air bakal terpisah, kalau water based menyatu.”

(mus) 

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP