Waspadai Semir Ban Jenis Ini

Semir ban.
Sumber :
  • Carthrottle

VIVA.co.id – Setelah mencuci kendaraan, umumnya ban disemir dengan cairan khusus agar tampil bersih dan mengkilap.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Namun, ternyata tak semua semir ban baik untuk digunakan. Bahkan disebut-sebut, sebagian ada yang bisa merusak lapisan karet ban.

Sales Manager Detailbox, Oktavianus mengatakan, umumnya semir ban yang beredar di pasaran terbagi menjadi dua jenis, yakni semir berbahan dasar air atau water based dan semir ban berbahan silikon.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

"Semir ban yang bahan dasarnya water based lebih aman dibanding semir ban silikon," kata Oktavianus kepada VIVA.co.id di Jakarta, Rabu 14 September 2016.

Kata dia, semir ban berbahan silikon berbahaya jika digunakan secara terus menerus. Biasanya, semir silikon kerap dijumpai di tempat cuci mobil maupun motor. Pemilik kendaraan disarankan untuk berhati-hati saat mencuci kendaraannya.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Kalau semir silikon dipakai terus menerus, (ban kendaraan) memang sangat kinclong, tapi merusak karet ban," ujarnya menerangkan.

Semir berbahan silikon umumnya berwarna putih susu, dan bila disemir ke ban akan lengket. Efeknya, sifat elastis karet ban jadi berkurang.

"Nah, kalau semir berbahan water based itu warnanya jernih dan tidak lengket. Biasanya, silikon dicampur air bakal terpisah, kalau water based menyatu.”

(mus) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya