Cara Gali Informasi dari Nomor Rangka Motor 

KTM RC 390 2016
Sumber :
  • motorbeam

VIVA.co.id – Nomor rangka dan nomor mesin yang disebut sebagai Vehicle Identification Number (VIN) merupakan identitas yang wajib dimiliki setiap kendaraan bermotor. Nomor rangka pada sepeda motor biasanya terdiri dari angka dan huruf.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Tidak hanya sebagai hiasan, kode angka dan huruf pada nomor rangka ternyata memiliki arti tersendiri. Dari nomor rangka kita bisa mengetahui tahun bulan, tahun, tempat pembuatan, kapasitas mesin dan tipe mesin yang digunakan.

Menurut International Mechanical Training KTM, Mohammad Kazi, arti nomor rangka pada sepeda motor umumnya sama. "Meski berupa kode huruf dan angka, nomor rangka kadang disepelekan, padahal kita bisa tahu tentang motor itu dari nomor rangka. Hampir semua motor sama,” katanya ditemui VIVA.co.id, di kawasan Sunter, Jakarta Utara.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Tahun produksi kendaraan merupakan salah satu keingintahuan konsumen saat hendak membeli kendaraan bermotor yang diinginkan. Agar lebih mudah, berikut cara membaca nomor rangka pada sepeda motor.

Kazi mengambil contoh motor KTM Duke 250 dengan nomor rangka VBKJGE403GC192500. Untuk huruf VBK menjelaskan motor tersebut berasal dari Austria, sedangkan kode untuk India MD2. "Jadi kalau kodenya VBK menandakan bahwa itu motor KTM dari Austria langsung, tapi kalau di India berbeda, di India itu MD2,” ujarnya.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Untuk kode JG menandakan tipe motor. Sedangkan untuk huruf E pada nomor rangka menunjukkan BHP untuk E itu 30-32 PS.

Angka empat di depan E menunjukkan tipe mesin empat-tak, jika dua berarti dua-tak. Angka nol menunjukan untuk ekspor, angka tiga biasanya random unit produksi. Huruf G menandakan tahun pembuatan, A untuk 2010, B 2011, C 2012, D 2013, E 2014 F 2015 dan G 2016.

“Huruf C, menandakan pabrik perakitan, untuk C itu kota Chakan di India. Sedangkan angka satu menunjukan kapasitas mesin, angka 92500 menunjukan nomor progresif,” kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya