TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Tips Perawatan Sederhana Ban Serep

"Jangan mentang-mentang ban serep, jadinya tidak dirawat."
Tips Perawatan Sederhana Ban Serep
Ban serep atau cadangan mobil (viva.co.id/Jeffry)

VIVA.co.id – Ban serep atau ban cadangan merupakan salah satu bagian penting pada sebuah mobil. Hal tersebut karena ban serep akan menjadi opsi utama saat ban mobil Anda bocor atau pecah di perjalanan. Namun, banyak pemilik kendaraan yang menyepelekan kondisi ban serep. Seakan abai, perawatan pun tak dilakukan.

Menurut Ma'ruf Zainudin, kepala bengkel My Auto di Duren Sawit, Jakarta Timur, sebaiknya ban serep dilakukan perawatan berkala agar tidak repot saat masalah mendera.

"Ban serep itu penting, apalagi yang disimpan di bawah, kalau kelamaan disimpan di belakang tidak bagus. Karena tidak tahu kena air, kena panas, tidak terkontrol tekanan udaranya, sehingga perlu dirawat," kata Ma'ruf saat berbincang dengan VIVA.co.id, Rabu, 14 September 2016.

Jika tidak dirawat, kata dia, udara yang ada di ban serep akan berkurang, sehingga ketika ingin digunakan pemilik akan kerepotan karena kondisinya yang kempis. "Kalau kempis bisa menekuk dinding ban-nya, nanti akan memengaruhi kualitas ban. Karena ban kan sifatnya memuai," ujar dia.

Maka itu, ia menganjurkan agar memeriksa tekanan angin pada ban serep minimal satu bulan sekali agar selalu siap digunakan dan dapat memperpanjang usia ban.

"Pada saat periksa ban, semuanya dicek, jangan mentang-mentang ban serep, jadinya tidak dirawat. Jangan dianak-tirikan, kalau empat ban dirawat, ban serep juga harus mendapat perlakuan yang sama," tutur dia.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP