Tips Perawatan Sederhana Ban Serep

Ban serep atau cadangan mobil
Sumber :
  • viva.co.id/Jeffry

VIVA.co.id – Ban serep atau ban cadangan merupakan salah satu bagian penting pada sebuah mobil. Hal tersebut karena ban serep akan menjadi opsi utama saat ban mobil Anda bocor atau pecah di perjalanan. Namun, banyak pemilik kendaraan yang menyepelekan kondisi ban serep. Seakan abai, perawatan pun tak dilakukan.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Menurut Ma'ruf Zainudin, kepala bengkel My Auto di Duren Sawit, Jakarta Timur, sebaiknya ban serep dilakukan perawatan berkala agar tidak repot saat masalah mendera.

"Ban serep itu penting, apalagi yang disimpan di bawah, kalau kelamaan disimpan di belakang tidak bagus. Karena tidak tahu kena air, kena panas, tidak terkontrol tekanan udaranya, sehingga perlu dirawat," kata Ma'ruf saat berbincang dengan VIVA.co.id, Rabu, 14 September 2016.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Jika tidak dirawat, kata dia, udara yang ada di ban serep akan berkurang, sehingga ketika ingin digunakan pemilik akan kerepotan karena kondisinya yang kempis. "Kalau kempis bisa menekuk dinding ban-nya, nanti akan memengaruhi kualitas ban. Karena ban kan sifatnya memuai," ujar dia.

Maka itu, ia menganjurkan agar memeriksa tekanan angin pada ban serep minimal satu bulan sekali agar selalu siap digunakan dan dapat memperpanjang usia ban.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

"Pada saat periksa ban, semuanya dicek, jangan mentang-mentang ban serep, jadinya tidak dirawat. Jangan dianak-tirikan, kalau empat ban dirawat, ban serep juga harus mendapat perlakuan yang sama," tutur dia.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022