TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Manfaat Gas Setengah Putaran saat Hidupkan Motor Injeksi

Lakukan pula engkol saat hidupkan mesin pertama kali.
Manfaat Gas Setengah Putaran saat Hidupkan Motor Injeksi
Ilustrasi kabel gas dan kopling di sepeda motor (Welovehonda)

VIVA.co.id – Sepeda motor berteknologi injeksi saat ini terus digandrungi keberadaannya. Diminati, karena motor jenis injeksi lebih irit dalam hal konsumsi bahan bakar, serta lebih ramah terhadap lingkungan.

Namun demikian, hingga kini masih banyak pengguna motor injeksi yang tak tahu untuk sekadar menghidupkan motor dengan benar. Padahal, perlakuan saat menghidupkan motor injeksi dengan motor karburator berbeda.

Menurut Stanley, mekanik sebuah bengkel resmi Honda di Jakarta, sebelum dihidupkan, pastikan kunci dalam posisi 'ON' dan pastikan suara pompa bensin telah bekerja. Pompa bensin memberikan tekanan maksimal agar bahan bakar bekerja sempurna ketika mesin dihidupkan pertama kali. 

Lalu sebelum digunakan, ada baiknya motor dipanaskan telebih dahulu sekira tiga menit dengan cara diengkol atau kick starter. "Awali menghidupkan motor dengan cara diengkol," kata Stanley kepada VIVA.co.id, Rabu 13 September 2016.

Menurut dia, kalaupun di-starter, diharapkan pada saat menekan tombol starter, puntir handel gas setengah putaran selama tiga detik.

"Kenapa tiga detik? Untuk menghindarkan banjirnya ruang bakar oleh bensin yang bisa menyebabkan hilang kompresi di ruang bakar dan busi dalam keadaan basah akibat uap bensin yang berlebih," ungkap dia.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP