TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Kiat Memilih Ban Agar Aman dan Nyaman

Salah pilih ban, dampaknya bisa fatal.
Kiat Memilih Ban Agar Aman dan Nyaman
Rumah ban motor. (VIVA.co.id/Yasin Fadilah)

VIVA.co.id – Memilih ban yang tepat untuk sepeda motor tidak bisa tergesa-gesa. Bila salah memilih ban, dampaknya bisa fatal.

Para pengguna sepeda motor umumnya tidak terlalu paham cara memilih ban yang tepat. Penggawa toko Rumah Ban di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Ario, memberikan beberapa tips memilih ban yang baik.

"Pertama, pilih ban yang sesuai dengan kebutuhan pengendara. Kalau digunakan harian, biasanya polanya lebih banyak. Masalah compound, ban bagus itu semisal Bridgestone dan Michelin," kata Ario kepada VIVA.co.id di Jakarta.

Dengan pemilihan ban yang sesuai kebutuhan, kata dia, maka bisa membuat pemakaian ban jadi lebih awet.

"Kedua, pilih merek yang bagus. Tentunya dengan kualitas yang bagus dan teruji, sehingga membuat ban aman digunakan," jelasnya.

Ketiga, periksa juga kembang ban yang akan dibeli. Apabila ada yang rusak, ia menganjurkan untuk tidak memilih ban tersebut dan lebih baik cari yang lain.

"Keempat, sesuaikan dengan kondisi jalan yang akan dilalui oleh pengguna. Misalnya di Jakarta, gunakan ban khusus untuk aspal. Jangan gunakan ban tipe dual purpose, tentunya tidak cocok," ungkapnya.

Namun, harga mahal dan juga kualitas yang baik belum tentu menjamin keselamatan berkendara.

"Semua kembali lagi ke etika karakter pengendara. Ban tidak menjamin 100 persen pengendara tidak akan celaka. Maka harus berhati-hati," kata Ario.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP