TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Ingin Mobil Anda Punya Pintu Gunting? Ini Cara Pasangnya

Tak serumit yang dibayangkan.
Ingin Mobil Anda Punya Pintu Gunting? Ini Cara Pasangnya
Pintu mobil bergaya scissor door. (Newcars)

VIVA.co.id – Jika melihat mobil-mobil sport seperti Lamborghini, McLaren, Ferrari dan sekelasnya tentu gaya pintu gunting sudah bukan hal yang baru. Namun gaya pintu ini sebenarnya juga bisa diterapkan pada mobil Anda. Bagaimana caranya?

Hermawan, juragan Linet Lambodoor mengatakan, mobil apa pun bisa menggunakan pintu gunting, tergantung selera konsumen. Karena cukup simpel untuk mengubah sistem buka tutup pintu itu, hanya membutuhkan gaspring dan engsel yang sudah di custom.

Menurutnya, kalau menggunakan sok hydrolik justru cepat bocor karena masih menggunakan oli, seperti bagasi mobil standar. Tapi, kalau gaspring memang khusus untuk custom pintu dengan sistem gerak gas.

Hermawan mengatakan, untuk pengerjaan pintu gunting memakan waktu berbeda-beda sesuai modelnya. Menurutnya, kira-kira butuh waktu dua hari kecuali model outswing dan butterfly bisa satu mingguan karena ada beberapa bagian yang custom.

"Untuk sistem buka tutup pintu butterfly itu naik ke atas tapi agak miring dibanding lambodoor yang hanya vertikal," ujarnya saat ditemui VIVA.co.id di Manggarai, Jakarta Selatan.

Bicara soal pemasangan, tentu lebih rumit model outswing dan butterfly meskipun untuk penggunaan engsel semuanya custom. Kata dia, kalau pemasangan butterfly itu bagian atas pilar dibobok untuk kedudukan engsel dan gaspring.

Kecuali model outswing yang sampai custom interior. "Bagian doortrim dan dek belakang dibobok untuk kedudukan engsel dan gaspring. Karena sistem buka tutupnya geser kebelakang seperti Honda Freed, dan tidak menggunakan rel untuk jalur pintu," katanya.

Nah, untuk pemasangan yang paling simpel itu model lambodoor. Kata dia, model ini tidak ada yang perlu dicustom semuanya plug and play. Kecuali untuk komponen yang digunakan universal.

Menurutnya, kalau lambodoor untuk universal itu lebih murah karena ukuran engsel dan gaspring tidak sesuai. "Ini bisa dikatakan akal-akalan aja agar harganya lebih murah, kami tidak menawarkan itu kekonsumen," tuturnya.

"Engsel yang kami buat untuk model lambodoor sudah presisi dengan kedudukan baut bawaan mobil. Dan kami menyediakan engsel untuj semua jenis mobil yang dimensinya berbeda-beda. Kalau gaspring kami order langsung dari Amerika," ujarnya.

Ia menambahkan, untuk semua engsel yang dicustom ini terbuat dari plat besi baja dengan ketebalan dari 12-15 mili.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP