TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Knalpot Mobil Keluar Air Menetes, Gejala Apa?

Hal ini biasanya terjadi pagi hari.
Knalpot Mobil Keluar Air Menetes, Gejala Apa?
Air menetes dari knalpot. (www.ypayonline.com)

VIVA.co.id – Kebiasaan umum yang kerap dilakukan para pemilik kendaraan adalah memanaskan mesin terlebih dahulu sebelum digunakan. Ini dilakukan untuk mencairkan oli pada ruang mesin, transmisi dan melancarkan asupan bensin pada sistem injeksi. Sehingga saat mobil digunakan lebih luwes dan tidak berat karena kondisi mesin yang masih dingin.

Namun, saat proses pemanasan mobil, banyak yang bertanya kenapa knalpot mengeluarkan air. Jika Anda mengalami hal tersebut, tak perlu khawatir. Karena, air yang keluar dari knalpot itu dihasilkan dari pembakaran mesin yang sempurna, dan sudah menjadi hal yang wajar karena kondisi mesin dan knalpot di pagi hari masih dingin.

Menurut Iwan Abdurahman, Technical Service Division Toyota Astra Motor (TAM), keluarnya air dari knalpot itu terjadi di pagi hari karena kondisi mesin dan knalpot yang masih dingin. Menurutnya, air yang keluar itu sudah menjadi hal yang wajar karena dihasilkan dari pembakaran mesin.

"Air yang keluar itu menjadi hal wajar. Karena hasil pembakaran mesin yang sempurna akan menghasilkan air, dan air itu bisa keluar dari knalpot yang kondisinya masih dingin. Jadi kalau knalpot sudah panas, air itu akan menguap sendiri," ujarnya kepada VIVA.co.id, Kamis 15 September 2016.

Ia mengatakan, kenapa pembakaran yang sempurna menghasilkan air. Karena bensin itu mengandung C (Carbon), H (Hidrogen), dan pada ruang mesin mengandung udara (O2). Ketiga unsur itu yang membuat pembakaran mesin menghasilkan air.

"Melalui proses pembakaran tersebut nantinya akan menghasilkan output C02, dan H2O yang menjadi rumus kimia air. Nah, H2O inilah yang menghasilkan air keluar dari knalpot. Air itu keluar dari knalpot yang masih dingin, jika knalpot sudah panas, air itu akan menguap," tuturnya.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP