Tips Sederhana Bagi Pemilik Mobil Lawas, Wajib Tahu

Mercedes Benz 250s
Sumber :
  • Flickriver

VIVA.co.id – Banyaknya mobil baru yang beredar rupanya tak membuat para pecinta mobil klasik tergoda. Meski mobil lawas dianggap memiliki banyak masalah dan merepotkan karena perlu perawatan yang khusus namun selalu ada kepuasan tersendiri bagi pemiliknya.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Salah satunya Viano Indra, pemilik mobil Mercedes Benz 250s tahun 1967. Menurut Viano, perawatan mobil jadul sebenarnya tidak terlalu sulit. Tapi memang benar jika pengguna mobil jadul dituntut agar lebih memberikan perhatian lebih.

"Cukup mudah kok, tapi memang butuh perawatan yang ekstra dibandingan dengan merawat mobil baru," kata Viano kepada VIVA.co.id, Kamis 15 September 2016.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Menurut dia, perawatan yang rutin dilakukan cukup sederhana tiap bulannya. Cukup dengan mengganti oli dan juga mengecek radiator serta perangkat mesin lainnya. "Yang penting itu dicek radiatornya, kalau kita jalan, walaupun sehat tetap ada yang kurang pasti. Selain itu oli maksimal 3 bulan sekali diganti meski jarang digunakan," ujar dia.

Sementara itu, Raden Linov, pemilik mobil Toyota Corolla veteran tahun 1978 menjelaskan hal yang sama. "Gampang kalau kita mengerti, susah kalau jarang dicek mobilnya. Akibatnya jadi tidak terkontrol," kata linov.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Ia mengungkapkan, setiap bulan selalu menyempatkan diri untuk sekedar mengecek mesin mobil, gunanya untuk menjaga mobil agar tetap prima saat digunakan. "Perbulan kalau bagusnya, cek kaki-kaki mobilnya, platina, oli, fan belt, dan juga karburator, untuk safety saja. Karena kan seminggu bisa tiga kali digunakan," katanya.

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022