Menghitung Biaya Servis Bulanan Mobil Lawas

Mobil-mobil Klasik buatan Mercedes-Benz.
Sumber :
  • Autoevolution

VIVA.co.id – Memiliki mobil yang sudah berusia lawas tentu memiliki konsekuensi tersendiri. Sejumlah pemeriksaan rutin harus dilakukan, jika ingin mobil siap digunakan setiap saat.

Keren, Layanan Servis Mobil Mercedes-Benz Kurang dari Satu Jam

Hal ini pula yang diutarakan oleh Viano Indra, pemilik mobil Mercedes-Benz (Mercy) 250s tahun 1967. Ia mengatakan, perawatan mobil lawas perlu dilakukan sekitar tiga bulan sekali.

"Untuk mobil Mercy seperti saya yang setiap hari pakai, general check up tiga bulan sekali. Paling ganti oli aja, yang lainnya, seperti busi, bisa sampai tahunan. Paling cek radiator serta bersihkan saringan udara," kata Viano kepada VIVA.co.id, Kamis 15 September 2016.

Sekali Servis Lamborghini Bisa Buat DP Rumah

Untuk masalah biaya, kata dia, setiap sekali melakukan servis butuh dana sekitar Rp800 ribu. Dan tersebut digunakan untuk ganti oli dan juga cek mesin.

"Itu meliputi pengecekan mesin, semuanya. Bersih per bulan sekitar itu," ujarnya.

Lagi Diservis, Muncul Hal Mengejutkan dari Kabin Mobil Ini

Sementara itu, Raden Linov, pemilik mobil Corolla Veteran tahun 1978 menjelaskan, biaya servis mobilnya per bulan juga mencapai angka ratusan ribu rupiah.

"Kalau mobilnya jarang dipakai, sebulan paling cek karburator, platina, oli, fan belt. Kisaran biayanya sekitar Rp500 ribu dalam satu kali cek. Kalau ada kerusakan, bisa tambah besar," ungkapnya.

Servis mobil di bengkel resmi Suzuki

Ini Manfaat Servis Mobil Berkala pada Mesin

Banyak beberapa pemilik mobil yang menghiraukan kendaraanya untuk di servis secara bekala. Padahal melakukan rutin pengecekan dapat membuat kendaraan lebih prima.

img_title
VIVA.co.id
13 Mei 2022