TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Menghitung Biaya Servis Bulanan Mobil Lawas

General check up perlu dilakukan tiap tiga bulan.
Menghitung Biaya Servis Bulanan Mobil Lawas
Mobil-mobil Klasik buatan Mercedes-Benz. (Autoevolution)

VIVA.co.id – Memiliki mobil yang sudah berusia lawas tentu memiliki konsekuensi tersendiri. Sejumlah pemeriksaan rutin harus dilakukan, jika ingin mobil siap digunakan setiap saat.

Hal ini pula yang diutarakan oleh Viano Indra, pemilik mobil Mercedes-Benz (Mercy) 250s tahun 1967. Ia mengatakan, perawatan mobil lawas perlu dilakukan sekitar tiga bulan sekali.

"Untuk mobil Mercy seperti saya yang setiap hari pakai, general check up tiga bulan sekali. Paling ganti oli aja, yang lainnya, seperti busi, bisa sampai tahunan. Paling cek radiator serta bersihkan saringan udara," kata Viano kepada VIVA.co.id, Kamis 15 September 2016.

Untuk masalah biaya, kata dia, setiap sekali melakukan servis butuh dana sekitar Rp800 ribu. Dan tersebut digunakan untuk ganti oli dan juga cek mesin.

"Itu meliputi pengecekan mesin, semuanya. Bersih per bulan sekitar itu," ujarnya.

Sementara itu, Raden Linov, pemilik mobil Corolla Veteran tahun 1978 menjelaskan, biaya servis mobilnya per bulan juga mencapai angka ratusan ribu rupiah.

"Kalau mobilnya jarang dipakai, sebulan paling cek karburator, platina, oli, fan belt. Kisaran biayanya sekitar Rp500 ribu dalam satu kali cek. Kalau ada kerusakan, bisa tambah besar," ungkapnya.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP