TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Penyebab Kopling Mobil Terasa Keras

Jika begitu, berkendara akan tak terasa nyaman.
Penyebab Kopling Mobil Terasa Keras
Ilustrasi kopling mobil. (www.toyota.astra.co.id)

VIVA.co.id – Kopling merupakan salah satu komponen penting pada mobil. Fungsinya yakni menghubungkan dan mengurangi putaran mesin ke unit transmisi. Tanpa kopling, gigi transmisi tidak akan bisa masuk dengan mudah saat mobil pindah gigi persneling.

Namun seiring penggunaan mobil dalam jangka panjang, komponen itu pasti akan mengalami gangguan, salah satunya kopling terasa keras.

General Repair Service Manager Workshop Department Technical Service Division PT Toyota Astra Motor (TAM), Iwan Abdurahman mengungkapkan, penyebab kopling mobil terasa keras atau berat lantaran pelat kopling sudah aus atau tipis.

"Kalau kopling sudah berat dan injakkannya dalam, biasanya dari pelat matahari yang sudah aus atau pelat koplingnya sendiri," kata Iwan kepada VIVA.co.id, di Jakarta, Kamis 15 September 2016.

Menurut dia, jika kopling mobil sudah mulai terasa berat, sebaiknya segera dibawa ke bengkel resmi untuk diganti satu set kopling. Agar nantinya tak memakan biaya yang besar jika dibiarkan. "Sebaiknya diganti satu set yang ada di sekitar kopling kalau sudah keras. Satu set yang ada seperti pelat kopling, release bearing, matahari," ungkap dia.

Dia menegaskan, cara perawatan kopling mobil bisa dilakukan pemilik dengan mudah, salah satunya tak agresif saat mengemudi. "Nyetir agresif meniru gaya pembalap bikin cepat rusak komponen kopling, cara pakai kopling juga harus benar, jangan sering injak setengah kopling, karena akan cepat aus pelatnya," katanya.

(mus)
 

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP