TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Jangan Mengelap Defogger Mobil Terlalu Keras, Ini Risikonya

Defogger ini hanya tembaga tipis sebagai pengantar panas.
Jangan Mengelap Defogger Mobil Terlalu Keras, Ini Risikonya
Fitur defogger. (Indonesiautoblog)

VIVA.co.id – Peran defogger bagi sebuah mobil tentu sangat penting. Terutama saat cuaca tengah tak menentu. Pasalnya, peranti penghantar panas ini tentu akan mencegah mobil Anda berembun yang diakibatkan perbedaan suhu di dalam kabin dengan di luar.

Untuk mengaktifkan fungsinya, disediakan tombol di area dasbor. Nantinya, energi kalor disalurkan ke seluruh permukaan kaca. Saat itulah, embun yang mengganggu pandangan pengemudi ke arah belakang akan hilang.

Nah, karena si garis emas ini terdapat di bagian kaca dalam belakang mobil. Anda perlu hati-hati saat mengelap kaca, karena jika proses lap yang dilakukan terlalu kencang akan membuat defogger ini menjadi putus dan fungsinya akan rusak.

Technical Service Division PT Toyota Astra Motor (TAM) Iwan Abdurahman mengatakan, karena dipasang di dalam kaca belakang harus hati-hati kalau ingin mengelap kaca. Menurutnya, defogger ini hanya tembaga tipis sebagai pengantar panas untuk menghilangkan embun di kaca belakang.

"Garis emas ini terbuat dari tembaga tipis dan kemungkinan putus besar sekali. Jika di lap terlalu keras menggunakan kanebo atau lap katun, lebih baik gunakan kemoceng saja kalau ingin bersihkan debu di dalam kaca belakang," katanya saat dihubungi VIVA.co.id, Kamis, 15 September 2016.

Sebagai catatan, Iwan menambahkan, penggunaan peranti defogger ini juga berpengaruh pada tingkat konsumsi bahan bakar.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP