Pilih Lampu Motor Ternyata Ada Tipsnya, Banyak yang Tak Tahu

Lampu sepeda motor.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Memilih lampu kendaraan ternyata juga memerlukan beberapa tips. Pasalnya, jika tak hati-hati, Anda justru akan merasa rugi. Parahnya, masih banyak yang menganggap lampu hanya sebagai pelengkap sebuah kendaraan.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Padahal lampu kendaraan termasuk pada sepeda motor merupakan salah satu komponen yang sangat penting. Lampu juga menjadi salah satu penentu dalam keselamatan berkendara. Pentingnya, peran komponen ini juga ditandai dengan berkembangnya teknologi pada lampu.

Terbukti, saat ini telah hadir lampu dengan teknologi HID dan LED. Begitu pentingnya peran lampu ini juga dibenarkan pengamat otomotif Bebin Djuana yang dalam kesempatan ini ikut memberikan panduan untuk memilih lampu bagi kendaraan roda dua.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

"Coba memilih lampu yang terang, tapi jangan sampai menyilaukan karena dapat mengganggu pengendara lain. Tidak ada salahnya bertanya kepada penjual walaupun secara umum lampu motor yang dipasarkan biasanya sudah sesuai," katanya kepada VIVA.co.id.

Selain itu, Bebin juga memberikan saran untuk membeli lampu motor menjelang senja, agar diketahui secara pasti warna lampu, jangkauan, tingkat terang dan fokus lampu. "Lebar sudut cahaya juga harus sama dengan pandangan mata. Tidak disarankan mengganti lampu motor itu pada siang hari dan di tempat sempit," ujarnya.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Masih menurut Bebin, memasang lampu dengan sudut pencahayaan yang tepat tentu akan memberikan gambaran kondisi dan performa lampu saat digunakan. 

(ren)

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022