Olahraga Ringan Hilangkan Pegal-pegal di Sela Kemacetan

Ilustrasi. Mengemudi.
Sumber :
  • kusukkasak.com

VIVA.co.id – Terkadang, rasa pegal menghinggapi saat kita tengah menghadapi kemacetan. Rasa pegal bisa menyapa lengan, bahu, pinggang, ataupun kaki. Hal itu wajar, sebab duduk lama di jok mobil, tentunya membuat otot-otot semakin tegang, apalagi jika melakukan perjalanan jauh.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Maka itu, dianjurkan setiap dua jam sekali Anda perlu meluangkan waktu untuk sekadar merelaksasi otot, agar tidak tegang, sekaligus mengurangi pegal-pegal di beberapa anggota tubuh .

Seperti dilansir Astraworld, Senin 19 September 2016, pertama, angkat kedua lengan sejajar bahu, arahkan kedua telapak tangan menghadap ke depan. Gerakan kedua lengan naik turun secara bergantian. Lakukan berulang-ulang. Gerakan ini untuk mengurangi ketegangan otot di pergelangan tangan, lengan, dan bahu.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Kedua, luruskan kaki ke lantai mobil, sandarkan badan ke jok mobil sampai mentok ke belakang dengan tumpuan pinggang sebagai pusat beban. Kedua tangan mengenggam setir dengan kuat, tahan 5-10 hitungan, pada saat yang bersamaan tahan napas Anda. Gerakan ini untuk mengurangi ketegangan pada otot pinggang, kaki, dan pergelangan tangan.

Ketiga, bungkukan badan dengan menarik perut hingga tangan menyentuh pergelangan kaki. Tahan selama 5-10 hitungan, kemudian perlahan duduk ke posisi semula. Gerakan ini bertujuan mengurangi ketegangan otot di pinggang dan bahu.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Keempat, angkat lengan setinggi bahu, lemaskan pergelangan tangan, arahkan jari-jari ke depan. Tarik ujung jari manis, telunjuk, jari tengah salah satu tangan menggunakan tangan yang lain, sampai pergelangan tangan menekuk ke bagian dalam. Lakukan hal yang sama pada tangan yang satunya.

Kelima, luruskan kedua kaki sambil berjinjit. Tekuk dan pusatkan ujung jari kaki ke lantai, lalu tahan 5-10 hitungan. Selanjutnya, tekuk pergelangan kaki ke atas seolah-olah kaki bertumpu pada tumit dan tempelkan di lantai, tahan 5-10 hitungan. Gerakan ini untuk mengurangi ketegangan pada otot-otot kaki.

Beberapa gerakan relaksasi di atas juga bisa Anda lakukan ketika berhenti di lampu merah, terjebak di kemacetan, atau saat mengisi bahan bakar di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya