TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Dampak Bongkar Busi Saat Mesin Masih Panas

Anda juga patut perhatikan ukuran busi apakah sesuai.
Dampak Bongkar Busi Saat Mesin Masih Panas
Busi kendaraan bermotor. (Bikesindia)

VIVA.co.id – Sebagian pengendara masih saja ada yang membongkar busi saat mesin masih panas. Padahal, tindakan itu tidak dianjurkan dan berdampak buruk buat sepeda motor.

Dilansir WeloveHonda, Senin, 19 September 2016, sangat dianjurkan sabar sebentar menunggu mesin dingin. Sebab, membuka busi saat keadaan mesin panas akan membuat drat busi cepat dol. Apabila kasus ini terjadi, solusinya cuma membeli head silinder baru atau membuat ulang drat busi di tukang las bubut.

Kedua cara di atas tentu membutuhkan waktu dan yang pasti menyiapkan anggaran berlebih. Tentu lebih baik menghindari ketimbang mengobati bukan?

Salah satu hal penting yang patut diperhatikan pada busi yakni, jangan sampai salah alias sembarangan bongkar-pasang busi. Sebab tiap busi punya spesifikasi masing-masing. Mesti ukuran dratnya sama, bisa saja panjangnya berbeda.

Apabila kasus ini terjadi, tentu bisa bermasalah besar pula, seperti motor Anda yang seharusnya memakai busi pendek, tapi Anda pakai busi panjang, Dampak buruknya, bisa-bisa dihajar piston atau klep, hingga klep kemudian jadi bengkok.

(mus)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP