Dampak Bongkar Busi Saat Mesin Masih Panas

Busi kendaraan bermotor.
Sumber :
  • Bikesindia

VIVA.co.id – Sebagian pengendara masih saja ada yang membongkar busi saat mesin masih panas. Padahal, tindakan itu tidak dianjurkan dan berdampak buruk buat sepeda motor.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Dilansir WeloveHonda, Senin, 19 September 2016, sangat dianjurkan sabar sebentar menunggu mesin dingin. Sebab, membuka busi saat keadaan mesin panas akan membuat drat busi cepat dol. Apabila kasus ini terjadi, solusinya cuma membeli head silinder baru atau membuat ulang drat busi di tukang las bubut.

Kedua cara di atas tentu membutuhkan waktu dan yang pasti menyiapkan anggaran berlebih. Tentu lebih baik menghindari ketimbang mengobati bukan?

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Salah satu hal penting yang patut diperhatikan pada busi yakni, jangan sampai salah alias sembarangan bongkar-pasang busi. Sebab tiap busi punya spesifikasi masing-masing. Mesti ukuran dratnya sama, bisa saja panjangnya berbeda.

Apabila kasus ini terjadi, tentu bisa bermasalah besar pula, seperti motor Anda yang seharusnya memakai busi pendek, tapi Anda pakai busi panjang, Dampak buruknya, bisa-bisa dihajar piston atau klep, hingga klep kemudian jadi bengkok.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

(mus)

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022