Tips Mudah Membedakan Aki Soak dan Kurang Setrum

Ilustrasi aki mobil
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Berbagai masalah kerap ditemui pada mobil yang telah berumur. Namun tak hanya mobil lawas, mobil yang sering digunakan harian juga bisa mengalami masalah terutama pada bagian kelistrikan yang bersumber dari aki.

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Hanya saja, masalah pada bagian aki ini tak banyak diketahui para pemiliknya. Pasalnya, masalah pada aki bisa dikarenakan dua sebab yakni memang telah soak atau hanya kurang setrum. Tak jarang kasus ini sering terjadi tanpa diketahui pemilik.

Oleh karena itu, diharapkan para pemilik kendaraan mengetahui apakah definisi aki soak atau kurang setrum.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Seperti dilansir situs resmi Astra, untuk aki soak dikarenakan kemampuan komponen internal menyimpan energi listrik telah memasuki masa pensiun. Sedangkan aki adalah baterai yang terisi ulang ketika mesin sedang dihidupkan.

Komponen aki ini memang tak bisa selamanya bisa bekerja dengan baik. Terlebih jika kita sembarangan dalam pemakaian kendaraan.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Jika soak, begitu mesin mati, tegangan yang disimpan tidak lagi normal buat menyalakan mesin lagi. Ketika kunci diputar saat menyalakan, mesin mobil tidak mau hidup. Salah satu indikasinya, suara dinamo starter terdengar lemah.

Aki tekor saat dalam perjalanan dikarenakan rusaknya dinamo isi pada aki kotor yang menyebabkan pengisian aki tidak maksimal saat mesin hidup.

Pemakaian aki yang tak sesuai dengan ketentuan yang disarankan untuk kendaraan menjadi salah satu faktor aki soak. Aki yang seharusnya berdaya 12 v 40 Ampere, namun diberikan hanya 20 Ampere.

Indikasi mobil tidak mau menyala juga terasa sama bila aki kurang setrum, tapi penyebabnya berbeda. Kurang setrum bisa disebabkan energi terbuang saat mesin tidak hidup. Contohnya, salah satu lampu menyala, saat mesin mati.

Aki mobil biasanya memiliki 12 volt, untuk dapat menyalakan mobil dibutuhkan setidaknya 9 volt. Aki soak tidak dapat diperbaiki dan harus segera diganti dengan yang baru. Sedangkan aki kurang setrum masih bisa diisi ulang kembali.

Suhu temperatur yang terdapat di sekitar aki juga menjadi salah satu faktor aki bisa cepat rusak. Terlebih pada aki yang secara langsung terkena panasnya kipas radiator mobil.

Soaknya aki bisa dilihat dari level air aki yang terlihat mengembang atau hancur. Level air aki harusnya berada di antara lower dan upper . Untuk itu, lebih baik mengganti aki tersebut, karena dengan melakukan pengecasan pada aki tidak akan membantu .

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya