Tips Bikin Motor Injeksi Jauh dari 'Brebet'

Berkendara sepeda motor
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andika Wahyu

VIVA.co.id – Sepeda motor saat ini banyak yang telah dibekali mesin berteknologi injeksi. Sehingga performa mesin yang dihasilkan bisa lebih responsif dan lebih menghemat penggunaan bahan bakar. Maka tak heran jika motor injeksi semakin diminati masyarakat.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Namun ada baiknya motor injeksi mendapat perawatan yang tepat. Karena jika rusak, tak bisa sembarangan bagi pengguna motor injeksi memperbaiki kendaraan roda dua itu. Lantas bagaimana merawat motor injeksi secara mudah agar keawetan mesin tetap terjaga?

Mekanik bengkel Yamaha di Jakarta, Rudi mengungkapkan yang pertama dalam merawat motor injeksi yakni melakukan pengecekan rutin terhadap aki motor. "Karena motor injeksi memerlukan setrum dari aki, aki harus dilakukan pengecekan secara rutin, karena ini bagian sangat vital dalam pengoperasian motor," kata Rudi saat berbincang dengan VIVA.co.id di Jakarta, Senin, 19 September 2016.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Kedua, ia menyarankan agar memeriksa busi secara rutin. Busi merupakan pemantik api yang dibutuhkan saat proses pembakaran di ruang bakar. Ketepatan pantikan api dari busi dengan semburan bahan bakar yang bercampur udara di ruang bakar menentukan sempurna tidaknya proses pembakaran.

"Mesin brebet juga disebabkan busi kotor atau businya mati. Sehingga busi juga harus diperhatikan," ungkapnya.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Ketiga, pemilik motor juga harus rutin membersihkan tangki bahan bakar dan saringan udara. "Tangki bensin dan filter jangan dibiarkan kotor. Karena juga bisa menyebabkan mesin motor jadi brebet," ungkapnya.

Terakhir ia menyarankan, untuk dilakukan servis secara berkala di bengkel resmi untuk menjaga performa kualitas motor. Sehingga motor lebih nyaman dibawa berkendara. "Perawatan berkala di bengkel resmi akan dilakukan pengecekan seluruh sistem pada motor jadi motor bisa terdeteksi lebih awal kerusakannya," katanya.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022