TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Tips Bikin Motor Injeksi Jauh dari 'Brebet'

Dibutuhkan perawatan yang tepat agar motor injeksi tak 'brebet'.
Tips Bikin Motor Injeksi Jauh dari 'Brebet'
Ilustrasi. Jurnalis melakukan test ride motor sport matic terbaru Yamaha NMAX 150 saat peluncurannya di Sirkuit Sentul, Bogor, Jabar, Selasa (10/2/2015). (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

VIVA.co.id – Sepeda motor saat ini banyak yang telah dibekali mesin berteknologi injeksi. Sehingga performa mesin yang dihasilkan bisa lebih responsif dan lebih menghemat penggunaan bahan bakar. Maka tak heran jika motor injeksi semakin diminati masyarakat.

Namun ada baiknya motor injeksi mendapat perawatan yang tepat. Karena jika rusak, tak bisa sembarangan bagi pengguna motor injeksi memperbaiki kendaraan roda dua itu. Lantas bagaimana merawat motor injeksi secara mudah agar keawetan mesin tetap terjaga?

Mekanik bengkel Yamaha di Jakarta, Rudi mengungkapkan yang pertama dalam merawat motor injeksi yakni melakukan pengecekan rutin terhadap aki motor. "Karena motor injeksi memerlukan setrum dari aki, aki harus dilakukan pengecekan secara rutin, karena ini bagian sangat vital dalam pengoperasian motor," kata Rudi saat berbincang dengan VIVA.co.id di Jakarta, Senin, 19 September 2016.

Kedua, ia menyarankan agar memeriksa busi secara rutin. Busi merupakan pemantik api yang dibutuhkan saat proses pembakaran di ruang bakar. Ketepatan pantikan api dari busi dengan semburan bahan bakar yang bercampur udara di ruang bakar menentukan sempurna tidaknya proses pembakaran.

"Mesin brebet juga disebabkan busi kotor atau businya mati. Sehingga busi juga harus diperhatikan," ungkapnya.

Ketiga, pemilik motor juga harus rutin membersihkan tangki bahan bakar dan saringan udara. "Tangki bensin dan filter jangan dibiarkan kotor. Karena juga bisa menyebabkan mesin motor jadi brebet," ungkapnya.

Terakhir ia menyarankan, untuk dilakukan servis secara berkala di bengkel resmi untuk menjaga performa kualitas motor. Sehingga motor lebih nyaman dibawa berkendara. "Perawatan berkala di bengkel resmi akan dilakukan pengecekan seluruh sistem pada motor jadi motor bisa terdeteksi lebih awal kerusakannya," katanya.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP