TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Lampu Rem Motor Menyala Terus, Jangan Buru-buru Ganti

Peran lampu rem ini tentu perlu mendapatkan perhatian khusus.
Lampu Rem Motor Menyala Terus, Jangan Buru-buru Ganti
Lampu belakang motor (http://fisikasma-online.blogspot.com)

VIVA.co.id – Lampu rem pada sepeda motor berfungsi untuk memberikan isyarat kepada pengendara lain, agar tidak terjadi benturan ketika kendaraan mengerem. Begitu vitalnya, peran lampu rem ini tentu perlu mendapatkan perhatian khusus.

Namun, seiringnya waktu penggunaannya lampu rem, terkadang Anda akan menemukan beberapa masalah, termasuk lampu rem menyala terus menerus. Hal ini, biasanya lebih banyak terjadi pada motor-motor lama, terutama berjenis skuter matik. 

Mekanik bengkel Jaya Motor, Wawan mengungkapkan, beberapa kemungkinan yang menyebabkan lampu rem menyala. Dan, yang paling sering adalah switch rem sudah rusak. "Lampu rem yang normal itu sewaktu direm baru nyala, biasanya switch rem sudah rusak karena karatan," kata Wawan saat ditemui VIVA.co.id di Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Menurut dia, lampu rem terus menerus menyala, atau berada dalam kondisi tidak normal akan menyebabkan aki tekor. Ia tak menampik bahwa hal itu umumnya terjadi pada motor jenis skuter matik.

"Jangan terus dibiarkan, kalau lampu rem nyala terus, harus diganti dengan yang baru. Untuk lampu rem biasanya kurang lebih Rp30 ribu, sudah termasuk biaya pemasangan," ungkap dia.

Ia mengatakan langkah mudah yang bisa dilakukan pengendara adalah membersihkan switch, atau tombol rem terlebih dahulu. Namun, bila switch rem yang sudah rusak sebaiknya diganti dengan yang baru. "Kalau dibersihkan sih bisa saja, cuma enggak akan bertahan lama, lebih baik diganti baru, karena harganya murah," katanya. (asp)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP