Lampu Rem Motor Menyala Terus, Jangan Buru-buru Ganti

Lampu belakang motor
Sumber :
  • http://fisikasma-online.blogspot.com

VIVA.co.id – Lampu rem pada sepeda motor berfungsi untuk memberikan isyarat kepada pengendara lain, agar tidak terjadi benturan ketika kendaraan mengerem. Begitu vitalnya, peran lampu rem ini tentu perlu mendapatkan perhatian khusus.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Namun, seiringnya waktu penggunaannya lampu rem, terkadang Anda akan menemukan beberapa masalah, termasuk lampu rem menyala terus menerus. Hal ini, biasanya lebih banyak terjadi pada motor-motor lama, terutama berjenis skuter matik. 

Mekanik bengkel Jaya Motor, Wawan mengungkapkan, beberapa kemungkinan yang menyebabkan lampu rem menyala. Dan, yang paling sering adalah switch rem sudah rusak. "Lampu rem yang normal itu sewaktu direm baru nyala, biasanya switch rem sudah rusak karena karatan," kata Wawan saat ditemui VIVA.co.id di Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Menurut dia, lampu rem terus menerus menyala, atau berada dalam kondisi tidak normal akan menyebabkan aki tekor. Ia tak menampik bahwa hal itu umumnya terjadi pada motor jenis skuter matik.

"Jangan terus dibiarkan, kalau lampu rem nyala terus, harus diganti dengan yang baru. Untuk lampu rem biasanya kurang lebih Rp30 ribu, sudah termasuk biaya pemasangan," ungkap dia.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Ia mengatakan langkah mudah yang bisa dilakukan pengendara adalah membersihkan switch, atau tombol rem terlebih dahulu. Namun, bila switch rem yang sudah rusak sebaiknya diganti dengan yang baru. "Kalau dibersihkan sih bisa saja, cuma enggak akan bertahan lama, lebih baik diganti baru, karena harganya murah," katanya. (asp)

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022