Pilihan Headunit Layar Sentuh untuk Calya-Sigra

Head unit
Sumber :
  • Jeffry Yanto/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Kualitas sistem hiburan di dalam mobil ditentukan dari harga mobil itu sendiri. Semakin mahal harganya, maka umumnya suara yang dihasilkan speaker dan dukungan headunit juga semakin mewah.

Promo Sistem Hiburan Mobil di IIMS 2023, Harga Paket Pioneer Cuma Segini

Seperti halnya Toyota Calya dan Daihatsu Sigra yang masuk dalam kategori Low Cost Green Car (LCGC). Untuk tipe tertinggi, headunit dua multi purpose vehicle (MPV) ini sudah dilengkapi fitur Bluetooth.

Tapi, untuk tipe menengah, fitur yang disediakan tergolong minim. Maka dari itu, banyak pemilik Calya dan Sigra yang mengganti headunit aftermarket.

Mau Beli Paket Audio Mobil, Ini Kisaran Harganya

Beberapa toko di Mega Glodok Kemayoran (MGK), Jakarta, menyediakan headunit aftermarket untuk Calya dan Sigra dengan merek berbeda dan harga yang bervariatif, sesuai fitur di dalamnya.

Seperti toko Line Audio di lantai enam MGK, yang menawarkan headunit Pioneer tipe AVH-X5850BT dengan layar sentuh tujuh inci, lengkap dengan dukungan DVD, Bluetooth, iPod, iPhone, USB, dan Android.

Tips Pasang Audio Mobil, Hati-hati dengan Spesifikasi

"Kami banderol Rp4,7 juta, sudah termasuk pemasangan. Bisa langsung pasang. Ukuran bodi delapan inci, layar tujuh inci. Tapi, tidak bisa buat nonton tayangan TV," ujar penggawa Line Audio, Sodikin, saat ditemui VIVA.co.id di MGK Kemayoran.

Selain itu, ada juga Pioneer AVH-185DVD. Perbedaan ada pada fitur, belum mendukung Bluetooth dan time correction. "Harganya Rp2,5 juta, ukuran layar 6,2 inci,” jelasnya.

Sementara itu, toko Car Audio Spesialis di lantai lima MGK menyediakan headunit Kenwood DDX316 untuk Calya dan Sigra. Harganya Rp2,6 juta, sudah termasuk pemasangan.

"Sudah layar sentuh 6,2 inci, kalau bodinya tujuh inci. Fiturnya equalizer 13 band, active crossover enam channel, time correction, USB, iPod, iPhone, DVD, MP3, camera input, dan AV input," ujar penggawa Car Audio Spesialis, Rohim.

Bila ingin headunit Kenwood yang sudah mendukung Bluettoth, bisa memilih tipe DDX416BT. Harganya Rp2,95 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya