TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Panduan Pasang Sendiri Sensor Parkir Mobil

Harga sensor relatif lebih murah jika beli di toko aksesori.
Panduan Pasang Sendiri Sensor Parkir Mobil
Sensor parkir aftermarket. (Herdi Muhardi/VIVA.co.id)

VIVA.co.id – Aksesori sensor parkir saat ini sudah menjadi perangkat wajib yang dipasang pada mobil. Dengan adanya sensor, pengemudi bisa memarkir kendaraan dengan lebih mudah dan aman.

Sayangnya, fitur ini tidak selalu ada di setiap mobil baru, khususnya untuk mobil-mobil yang masuk dalam kategori low cost green car (LCGC).

Pemilik mobil bisa saja membeli sensor parkir di diler mobil, namun harganya cukup mahal. Nah, solusi mendapatkan sensor parkir murah adalah dengan membelinya di toko aksesori mobil.

Selain memasang di toko, pemilik mobil juga bisa memasang perangkat ini sendiri di rumah. Umumnya, sensor parkir tersedia dalam dua model, dua titik dan empat titik. Proses pemasangannya sama, hanya berbeda jumlah sensornya saja.

Menurut mekanik toko aksesori Success 33 Variasi di Mega Glodok Kemayoran, Jakarta, Tono, sensor empat titik lebih sensitif memberikan isyarat jika bagian bumper kanan dan kiri berdekatan dengan objek. Berbeda dengan dua titik yang hanya fokus satu arah saja.

Nah, pemilik mobil yang ingin memasang sendiri sensor parkir harus punya alat bor, yang digunakan untuk melubangi dudukan sensor.

"Gunakan bor dengan ukuran mata 12,5 milimeter untuk membuat dudukan sensor parkir di bumper. Agar tetap menempel, gunakan juga perekat seperti double tape," ujarnya saat ditemui VIVA.co.id.

Ia mengatakan, jika sensor sudah terpasang di bumper, langkah selanjutnya adalah memasukkan kabel ke soket kotak pengatur sensor. Simpan kotak di tempat yang kering dan tidak mudah terkena air.

Untuk mengaktifkan sensor, kotak butuh sinyal dari lampu mundur. Jadi, ada satu kabel khusus yang perlu dihubungkan ke lampu tersebut.

Sementara untuk pengeras suara (twetter), baiknya diletakkan di bagasi. “Suara sensor sangat nyaring, bisa mengganggu jika dipasang di dalam kabin,” jelasnya.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP