TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Honda Mobilio Diuji Tabrak, Hasilnya Mengejutkan

Versi tanpa airbag, tidak mendapat nilai sama sekali.
Honda Mobilio Diuji Tabrak, Hasilnya Mengejutkan
Uji tabrak Honda Mobilio buatan India. (Global NCAP)

VIVA.co.id – Badan keselamatan Global New Car Assessment Program (NCAP) baru-baru ini menguji tabrak mobil multi purpose vehicle (MPV) lansiran Honda, yakni Mobilio.

Dilansir dari laman resmi Global NCAP, Selasa 20 September 2016, Mobilio yang diuji merupakan produksi Honda India.

Pengujian dilakukan pada dua versi Mobilio, satu yang tidak dilengkapi dengan komponen keselamatan airbag, atau kantung udara, dan satu lagi tersemat dua airbag di bagian depan.

Hasilnya cukup mengejutkan, Mobilio non airbag sama sekali tidak mendapat nilai, saat diuji untuk perlindungan pada orang dewasa (adult occupant protection atau AOP). Sementara itu, untuk perlindungan pada anak-anak (children occupant protection atau COP), nilai yang didapat hanya 11,11 (satu bintang).

Pada pengujian Mobilio yang dilengkapi dengan dua airbag, NCAP memberi nilai 9,85 (tiga bintang) untuk AOP dan 16,82 (dua bintang) untuk COP.

Honda bukan perusahaan pertama yang tidak mendapat nilai, saat mobil buatan mereka diuji oleh Global NCAP. Beberapa tahun lalu, Datsun GO buatan India juga gagal meraih angka. Penyebabnya sama, mobil tersebut tidak dilengkapi dengan airbag.

Sekedar informasi, Mobilio non airbag hanya dipasarkan di India. Semua varian Mobilio yang beredar di Indonesia, mulai tipe terendah hingga tertinggi, sudah dibekali dengan kantung udara. (asp)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP