TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Tanduk Bumper Ganggu Sensor Parkir Mobil?

Gelombang yang dipancarkan sensor arahnya lurus.
Tanduk Bumper Ganggu Sensor Parkir Mobil?
Sensor parkir dan tanduk yang dipasang pada bumper mobil. (Jeffry Yanto/VIVA.co.id)

VIVA.co.id – Demi melindungi kendaraan dari kerusakan saat kecelakaan, beberapa pemilik mobil memasang tanduk di bumper mobil. Tanduk ini berfungsi sebagai penghalang, jika ada kendaraan lain yang menabrak dari belakang maupun depan.

Namun, karena posisinya di bumper, banyak yang bertanya-tanya, apakah tanduk bumper akan mengganggu kinerja dari sensor parkir.

Kepala mekanik toko Auto K-33, Dikin Widhiarto mengatakan, sebenarnya pemasangan sensor parkir dan tanduk di bumper tidak ada masalah.

"Asalkan posisi pemasangan tanduk tidak menghalangi sensor, maka tidak akan ada masalah,” ujarnya saat berbincang dengan VIVA.co.id di Jakarta, Selasa 20 September 2016.

Menurutnya, gelombang yang dipancarkan sensor memiliki arah lurus, sehingga tidak masalah bila dipasang persis di atas tanduk.

Namun, ia mengingatkan, bahwa jarak efektif sensor akan berubah, sesuai dengan lebar tanduk yang digunakan.

“Jarak efektif kira-kira satu meter. Tapi bila ada tanduk, maka jarak dikurangi lebar tanduk itu. Jadi, bisa saja sensor mendeteksi masih ada jarak 50 sentimeter, tapi kenyataannya jarak tersisa hanya 30 sentimeter,” jelasnya.

Ia menyarankan, jika memakai tanduk yang terbuat dari plastik, maka sebaiknya sensor dipasang di tanduk tersebut, agar tanduk terlindung dari kerusakan saat hendak parkir. (asp)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP