TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Indonesia Jadi Tempat Peluncuran Moge Baru Honda?

Basisnya berasal dari CB500X.
Indonesia Jadi Tempat Peluncuran Moge Baru Honda?
Gambar desain Honda CMX500AH. (Morebikes.co.uk)

VIVA.co.id – Indonesia dikenal sebagai pasar sepeda motor jenis bebek, skuter matik, dan sport. Rata-rata, motor yang dijual di Tanah Air mengusung mesin berkapasitas di bawah 250cc.

Alasannya, pajak yang harus dibayar konsumen menjadi sangat tinggi, bila mesin motor berkapasitas lebih dari angka tersebut.

Hal ini, yang membuat tidak ada produsen motor di Indonesia, yang merakit jenis motor gede (moge). Motor-motor jenis ini, umumnya didatangkan dari luar negeri, tentunya dengan harga jual yang tidak murah.

Nah, berdasarkan penelusuran VIVA.co.id di laman resmi Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Selasa 20 September 2016, PT Astra Honda Motor (AHM), agen pemegang merek motor Honda di Tanah Air, baru-baru ini mendaftarkan tipe motor baru.

Berbeda dari biasanya, motor yang didaftarkan ini mengusung kode yang cukup unik, yakni CMX500AH. Biasanya, angka yang disematkan mengandung arti kapasitas mesin motor tersebut, yakni 500cc.

Konfirmasi CMX500AH adalah motor terbaru Honda muncul, saat laman Morebikes.co.uk menyatakan, mereka mendapat informasi mengenai desain motor tersebut dari sumber internal Honda.

Mereka juga mencantumkan bahwa kode tersebut pertama kali muncul di Indonesia. Artinya, ada kemungkinan Indonesia menjadi tempat peluncuran perdana moge anyar Honda.

Dilihat dari bentuknya, CMX500AH mengusung desain yang mirip dengan CB500X. Perbedaan hanya tampak pada suspensi yang dibuat lebih tinggi dan menganut sistem up-side-down (USD).

Tampilan lampu depan juga diubah, sehingga terkesan agresif, mirip dengan skuter matik anyar Honda X-ADV. Besar kemungkinan CMX500AH dirancang untuk penggunaan di medan aspal maupun tanah. (asp)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP