Bahaya Tersembunyi Saat Bermacet Ria dalam Mobil

Ilustrasi kendaraan di jalan Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/M. Ali. Wafa

VIVA.co.id – Banyak orang beranggapan, jika ketika berada di mobil dalam posisi macet tidak akan terkena polusi. Padahal, anggapan itu salah. Baru-baru ini, sebuah studi yang dilakukan Universitas Surrey, Inggris, menyatakan, jika sering menghadapi kondisi macet bisa menyebabkan orang sakit. 

Pemerintah Berencana Naikkan Pajak Kendaraan Bermotor

Seperti dilansir Cnet, Selasa 20 September 2016, hal ini karena tingkat polusi di dalam mobil macet bisa mencapai 40 persen lebih banyak, ketimbang mobil yang sedang berjalan. Penjelasannya, sebab dalam keadaan berhenti di satu tempat, secara tak sadar mobil Anda akan menyalurkan polusi dari luar mobil ke kabin. 

Maka itu, untuk menghindari polusi ketika sedang macet, Anda disarankan tidak membuka jendela dan Air Conditioning harus dalam keadaan mati.

Begini Cara Pasien Kanker Paru-paru Harus Berhati-hati saat Hadapi Polusi Udara

Terbayang memang rasa panas bakal menghinggapi. Tetapi, cara ini dianggap ampuh karena tidak ada aliran udara yang masuk melalui sistem pendingin mobil Anda. Cara lainnya, yakni menghindari jalanan macet dengan mencari alternatif lain, serta mengenal situasi macet dengan waktu. Jadi, ketika Anda melintas, kemacetan sudah sedikit terurai.
 
Selain menyebabkan masalah kesehatan, ada dampak yang kurang baik bagi kendaraan, salah satunya adalah temperatur mesin yang naik secara signifikan. Selain itu, dampak lainnya adalah tingkat bahan bakar yang menjadi lebih boros ketika berada di tengah kemacetan. (asp)

Gesits luncurkan motor listrik Timnas Indonesia di IIMS 2024

Kendaraan Operasional Timnas Indonesia Bakal Full Listrik

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) berencana menggantikan semua kendaraan operasional PSSI termasuk untuk Timnas Indonesia menjadi kendaraan listrik

img_title
VIVA.co.id
20 Februari 2024