Motor Terkencang di Dunia Segera Mengaspal di Indonesia

Suzuki Hayabusa 2015.
Sumber :
  • www.responsejp.com

VIVA.co.id – Ada temuan menarik di laman resmi Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Selasa 20 September 2016. Pada laman tersebut, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) – sebagai agen pemegang merek Suzuki di Tanah Air – mendaftarkan satu motor gede (moge) untuk keperluan uji tipe.

5 Motor Balap MotoGP Terkencang Sepanjang Masa

Yang menarik dari motor tersebut yakni spesifikasinya. Suzuki mendaftarkan motor dengan kode GSX1300R. Kode tersebut berhubungan dengan motor yang hingga kini menyandang status sebagai kendaraan beroda dua terkencang di dunia yang diproduksi secara massal.

Ya, motor tersebut adalah Suzuki Hayabusa. Meluncur pertama kali pada 1999, motor ini langsung meraih predikat sebagai motor terkencang sejagat.

Lima Motor Paling Kencang di 2019, Kawasaki Kirim Dua Wakil

Berbekal mesin empat silinder berkapasitas 1.299cc, Hayabusa mampu melaju hingga kecepatan 312 kilometer per jam.

Tenaga sebesar 162 daya kuda yang dihasilkan mesin terbagi dengan baik di semua putaran mesin, sehingga memudahkan pengendara untuk menyesuaikan dengan kondisi jalan yang ada.

Selamat Tinggal Motor Paling Fenomenal di Dunia

Setelah Hayabusa meluncur, sebenarnya ada beberapa motor lain yang memiliki tenaga dan kemampuan lebih besar.

Namun, adanya kesepakatan antara para pembuat sepeda motor soal batas kecepatan, membuat laju motor-motor tersebut dibatasi. Jadi, Hayabusa hingga saat ini masih memegang rekor tersebut.

Soal Hayabusa model baru yang hadir di Indonesia, besar kemungkinan unitnya didatangkan dari India. Negara tersebut diketahui mendapat izin dari Suzuki Jepang untuk memproduksi Hayabusa terbaru.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya