TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Tips Mudah Jaga Pelek Krom Tetap Kinclong

Perawatan pelek kadang luput dari perhatian pemilik kendaraan.
Tips Mudah Jaga Pelek Krom Tetap Kinclong
Pelek krom. (Carwheel)

VIVA.co.id – Pelek kadang luput dari perhatian sebagian pemilik kendaraan roda empat. Umumnya mereka hanya fokus pada perawatan bodi mobil saja. Padahal pelek dengan balutan krom juga patut mendapatkan perhatian ekstra.

Menurut penggawa Jayaban Autofashion, Yohannes, perawatan pelek dengan balutan krom berbeda dengan lapisan cat. Menurut dia, pelek krom harus tetap kering.

"Kalau pelek krom harus tetap kering, karena dia paling rentan sama air apalagi air asin. (Pelek) akan cepat bereaksi sama garam dari air asin itu kalau enggak langsung dibersihkan nanti berjamur," kata Yohannes kepada VIVA.co.id di Pasar Mobil Kemayoran, Jakarta, Senin 20 September 2016.

Ia mengatakan, untuk membersihkan pelek krom ada teknik tersendiri. Ia menyarankan pelek dilap dengan kain halus agar tidak baret dan tidak langsung dibersihkan saat mobil sehabis berkendara. “Pelek sering dipandang sebelah mata, jadi usahakan bersihkan pelek seperti bersihkan bodi mobil. Dibersihkan pakai kanebo, jangan lap biasa dan dibersihkan dengan halus," ujarnya menambahkan.

Menurut dia, pelek krom harus segera dibersihkan bila terkena air hujan. Karena jika didiamkan akan meninggalkan noda jamur. Kendaraan yang berada di wilayah sekitaran pantai juga harus merawat pelek krom secara ekstra.

"Biasanya orang yang rumahnya di pinggir laut, pelek enggak awet atau cepat rusak. Kalau pelek krom sudah berjamur tinggal pakai sanpoly saja biar mengkilap lagi.”

(mus)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP