Tips Mudah Jaga Pelek Krom Tetap Kinclong

Penggunaan pelek yang tak sesuai standar bisa membuat ABS tak bekerja maksimal. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • Carwheel

VIVA.co.id – Pelek kadang luput dari perhatian sebagian pemilik kendaraan roda empat. Umumnya mereka hanya fokus pada perawatan bodi mobil saja. Padahal pelek dengan balutan krom juga patut mendapatkan perhatian ekstra.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Menurut penggawa Jayaban Autofashion, Yohannes, perawatan pelek dengan balutan krom berbeda dengan lapisan cat. Menurut dia, pelek krom harus tetap kering.

"Kalau pelek krom harus tetap kering, karena dia paling rentan sama air apalagi air asin. (Pelek) akan cepat bereaksi sama garam dari air asin itu kalau enggak langsung dibersihkan nanti berjamur," kata Yohannes kepada VIVA.co.id di Pasar Mobil Kemayoran, Jakarta, Senin 20 September 2016.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Ia mengatakan, untuk membersihkan pelek krom ada teknik tersendiri. Ia menyarankan pelek dilap dengan kain halus agar tidak baret dan tidak langsung dibersihkan saat mobil sehabis berkendara. “Pelek sering dipandang sebelah mata, jadi usahakan bersihkan pelek seperti bersihkan bodi mobil. Dibersihkan pakai kanebo, jangan lap biasa dan dibersihkan dengan halus," ujarnya menambahkan.

Menurut dia, pelek krom harus segera dibersihkan bila terkena air hujan. Karena jika didiamkan akan meninggalkan noda jamur. Kendaraan yang berada di wilayah sekitaran pantai juga harus merawat pelek krom secara ekstra.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

"Biasanya orang yang rumahnya di pinggir laut, pelek enggak awet atau cepat rusak. Kalau pelek krom sudah berjamur tinggal pakai sanpoly saja biar mengkilap lagi.”

(mus)

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022