Penyebab Calya-Sigra Ambles Jika Diisi Tujuh Penumpang

Daihatsu Sigra.
Sumber :
  • Herdi Muhardi/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Belum lama ini, dunia maya dihebohkan dengan keluhan beberapa pengguna mobil Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Mereka menuliskan komplain soal amblesnya bodi belakang mobil saat diisi tujuh penumpang.

Membangun Indonesia Ala Komunitas Toyota Calya

Terkait hal tersebut, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, mengatakan pada dasarnya semua mobil pasti mengalami ambles atau turun saat semua kursi diisi.

"Semua mobil dengan kapasitas penuh pasti turun (bodinya). Saya berani taruhan, semua merek turun atau ambles," kata Amelia di Jakarta, Selasa 20 September 2016.

Ban Calya dan Sigra Mudah Meledak, Benarkah?

Sementara itu, Executive Coordinator Technical Service Division ADM, Anjar Rosjadi, mengatakan penurunan bodi mobil itu sudah diperhitungkan oleh Daihatsu. Ia mengklaim, hal itu tidak akan mengganggu kenyamanan mobil.

"Nah, meski secara penampilan ambles, tapi kenyamanan tidak masalah sama sekali. Pada saat digunakan juga tidak terjadi masalah, tetap nyaman," kata dia.

Kaca Belakang Calya Dianggap Mudah Pecah, Ini Reaksi Toyota

Ia mengungkapkan, kejadian itu tentunya sudah diantisipasi oleh pihak Daihatsu dan Toyota, dan pengguna tak perlu khawatir dengan keadaan tersebut.

"Sudah kami pertimbangkan melalui beberapa prosedur. Mobil ini kan tidak digunakan setiap hari untuk angkut tujuh orang. Pertimbangannya kan kadang dipakai dua orang, jadinya dibuat sedemikian rupa dan aman. Titik gravitasinya juga sudah dihitung," jelasnya.

Menurut Anjar, penyebab amblesnya bodi mobil karena suspensi yang digunakan relatif empuk. "Itu karena suspensinya empuk. Tapi, secara center atau titik bobot, tetap pada posisi yang sama," ungkapnya.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya