Dampak Buruk Calya-Sigra Pakai Pelek Besar

Modifikasi Toyota Calya
Sumber :
  • viva.co.id/Jeffry Sudibyo

VIVA.co.id – Pelek standar Toyota Calya dan Daihatsu Sigra berukuran 14 inci terasa kurang pas, jika dilihat secara kasat mata. Hal ini, karena fender menyisakan banyak ruang kosong, sehingga terlihat kurang gagah.

Modifikasi Mobil Mulai Digandrungi Kembali di Indonesia

Solusinya, beberapa pengguna Calya dan juga Sigra  mengganti pelek dengan ukuran dua inci lebih besar. Namun, apakah modifikasi ini aman untuk dipakai sehari-hari?

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi mengatakan, meski tidak ada larangan, namun ada konsekuensi yang harus diterima pemilik mobil.

Insinyur Toyota Bisa Menangis Melihat Avanza Dibuat Seperti Ini

"Ada konsekuensinya. Pertama, getaran pada mobil akan terasa saat menggunakan pelek yang lebih besar dari pabrikan," kata Anjar di Jakarta.

Kedua, kata dia, pengendalian jadi berbeda, karena ukuran pelek dan ban lebih besar dari yang sudah dirancang pabrik.

"Ketiga, ketika naik dua inci, sebenarnya sudah mengacaukan catatan speedometer. Tetapi, naik dua inci masih dalam batas toleransi. Misalkan, kita sudah menempuh 100 kilometer (km) per jam, padahal aslinya hanya 90-an,” jelasnya.

Kendaraan Komersial ini Dimodifikasi dengan Ciamik

Terakhir, penggantian pelek berpengaruh pada turunnya kecepatan maksimal mobil. "Misalnya, yang harusnya 110 km per jam, jadi hanya 100 km per jam. Karena kan, rodanya besar," ungkapnya. (asp)

Mobil Kustom di Kustomfest 2023

Cuma Modal Rp100 Ribu Bisa Dapat Mobil Kustom di Kustomfest 2023

Hadiah yang diberikan kepada pengunjung Kustomfest 7-8 Oktober 2023 yang beruntung berupa mobil kustom bergaya pikap flat deck. Mobilnya berbasis sedan Toyota Crown 1982

img_title
VIVA.co.id
6 Oktober 2023