TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Dampak Buruk Calya-Sigra Pakai Pelek Besar

Pelek standar membuat tampilan mobil kurang gagah.
Dampak Buruk Calya-Sigra Pakai Pelek Besar
Modifikasi Toyota Calya (viva.co.id/Jeffry Sudibyo)

VIVA.co.id – Pelek standar Toyota Calya dan Daihatsu Sigra berukuran 14 inci terasa kurang pas, jika dilihat secara kasat mata. Hal ini, karena fender menyisakan banyak ruang kosong, sehingga terlihat kurang gagah.

Solusinya, beberapa pengguna Calya dan juga Sigra  mengganti pelek dengan ukuran dua inci lebih besar. Namun, apakah modifikasi ini aman untuk dipakai sehari-hari?

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi mengatakan, meski tidak ada larangan, namun ada konsekuensi yang harus diterima pemilik mobil.

"Ada konsekuensinya. Pertama, getaran pada mobil akan terasa saat menggunakan pelek yang lebih besar dari pabrikan," kata Anjar di Jakarta.

Kedua, kata dia, pengendalian jadi berbeda, karena ukuran pelek dan ban lebih besar dari yang sudah dirancang pabrik.

"Ketiga, ketika naik dua inci, sebenarnya sudah mengacaukan catatan speedometer. Tetapi, naik dua inci masih dalam batas toleransi. Misalkan, kita sudah menempuh 100 kilometer (km) per jam, padahal aslinya hanya 90-an,” jelasnya.

Terakhir, penggantian pelek berpengaruh pada turunnya kecepatan maksimal mobil. "Misalnya, yang harusnya 110 km per jam, jadi hanya 100 km per jam. Karena kan, rodanya besar," ungkapnya. (asp)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP