TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Menyetir Mobil dengan Aman Bisa Dapat Kopi Gratis di Jepang

Pengemudi tidak boleh mengoperasikan ponsel selama perjalanan.
Menyetir Mobil dengan Aman Bisa Dapat Kopi Gratis di Jepang
Aplikasi kopi rancangan Toyota. (Autoblog)

VIVA.co.id – Prefektur Aichi di Jepang menjadi wilayah yang paling banyak mengalami kecelakaan. Berdasarkan hasil riset Toyota, banyak pengemudi di kawasan tersebut yang mengoperasikan ponsel saat mengemudi.

Akibatnya, konsentrasi mereka terpecah dan tidak bisa mengantisipasi bahaya yang muncul. Itu sebabnya, Toyota bekerja sama dengan perusahaan pembuat kopi Komeda mencari cara agar pengemudi bisa lebih aman berkendara.

Dilansir dari Autoblog, Rabu, 21 September 2016, baru-baru ini Toyota dan Komeda meluncurkan aplikasi yang dapat diunduh ke ponsel. Aplikasi ini dirancang agar pengemudi tidak mengoperasikan ponsel selama melakukan perjalanan.

Sebelum memulai perjalanan, pengemudi harus membuka aplikasi tersebut. Akan muncul gambar kopi beserta alat peraciknya. Setiap mencapai jarak 100 kilometer (km), cangkir akan terisi penuh dan pengemudi bisa menukarkannya dengan kopi gratis di kedai Komeda terdekat.

Jarak 100 km hanya berlaku saat pengemudi memakai aplikasi ini pertama kali saja. Untuk bisa mendapat kopi gratis selanjutnya, jarak yang harus ditempuh adalah 200 km.

Untuk memantau kecurangan, aplikasi memakai sensor gyroscope yang ada di ponsel. Selama perjalanan, ponsel juga harus diletakkan pada alat pemegang khusus dalam posisi terbalik.

Konsep mendapat hadiah jika mampu menjalankan kendaraan tanpa mengutak-atik ponsel sebenarnya sudah banyak dikampanyekan. Namun, kopi dianggap menjadi motivasi yang paling tepat, karena banyak pengemudi yang menggemari minuman tersebut.

(mus)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP