TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Tips Cuci Helm Sendiri: Bisa Pakai Sabun Bayi

Cara ini tergolong murah daripada mencuci di tempat pencucian helm.
Tips Cuci Helm Sendiri: Bisa Pakai Sabun Bayi
Helm antisilau Uvex (gizmag.com)

VIVA.co.id – Seperti halnya sepeda motor, helm juga perlu mendapat perawatan agar tetap nyaman digunakan saat berkendara. Salah satunya dengan mencuci helm untuk menjaga kebersihan helm.

Mencuci helm selain bisa dilakukan di jasa pencucian helm juga bisa dilakukan sendiri di rumah. Caranya pun mudah dan bisa dibilang murah.

Menurut pemilik jasa cuci helm Ekspres, Wahyuni, pemilik helm bisa menggunakan vacum cleaner untuk mengangkat debu dan kotoran yang menempel pada bagian dalam helm. "Vacum cleaner untuk helm yang enggak bisa dibuka busa helmnya, karena kan harus bersih," kata Wahyuni saat berbincang dengan VIVA.co.id di Jakarta, Rabu 21 September 2016.

Kemudian, busa helm direndam dengan sabun khusus untuk helm. Sabun untuk helm itu, lanjut Wahyuni, bisa didapat di pusat perbelanjaan yang menyediakan perlengkapan kendaraan bermotor. "Pakai sabun untuk bayi juga bisa bila segan untuk beli sabun helm di pasaran. Busa helm jadi wangi dan lembut. Dicuci sekira 10 menit," ungkap dia.

Wahyuni menyarankan pencucian helm disikat secara halus agar tidak merusak bagian permukaan busa. Kata dia, membersihkan kaca helm juga harus dilakukan menggunakan kain halus agar tidak menimbulkan baret. "Kalau sudah dicuci sekira 10 menit langsung dikeringkan di tempat yang langsung kena terik matahari," ujarnya.

Untuk memudahkan pengeringan helm bisa menggunakan hair dryer atau kipas angin agar permukaan helm bisa kering merata dan mencegah kelembaban. "Yang paling mudah pakai hair dryer, cepat kering juga enggak lembab dan enggak bau," kata Wahyuni.

 

(ren)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP