TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Gambar Kamera Mundur Pecah dan Banyak Bintik? Ini Sebabnya

Ada dua teknologi kamera yang digunakan saat ini.
Gambar Kamera Mundur Pecah dan Banyak Bintik? Ini Sebabnya
Ilustrasi kamera mundur. (Dok: BMW)

VIVA.co.id – Untuk memandu pengemudi saat parkir, saat ini beberapa mobil tidak hanya dilengkapi dengan sensor, namun juga kamera.

Bagi pemilik yang mobilnya belum dilengkapi dengan fitur tersebut, bisa mendatangi toko-toko aksesori. Namun, pastikan head unit mobil sudah mendukung koneksi video input untuk menampilkan gambar video.

Nah, gambar yang ditampilkan ada yang jernih dan ada yang tidak. Hal ini karena setiap kamera memiliki teknologi berbeda. Seperti apa teknologi yang dimaksud?

Penggawa toko Success 33 Variasi di MGK Kemayoran, Jakarta, Sanjaya, mengatakan, saat produk kamera mundur mulai banyak bermunculan pada 2010 silam, model yang paling diminati konsumen adalah yang dilengkapi dengan lampu LED.

"Tampilan gambar di siang hari nyata seperti aslinya. Namun, di malam hari seluruh objek berwarna hijau," ujarnya saat ditemui VIVA.co.id.

Namun, dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, kini kamera mundur yang banyak diburu konsumen adalah tipe charged couple device (CCD).

Sekadar informasi, saat ini ada dua tipe kamera yang digunakan untuk memandu saat parkir, yakni CMOS (Complimentary Metal-Oxide Semiconductor) dan CCD.

"Kamera itu jenisnya ada CCD dan CMOS. Nah, untuk yang CCD, gambar yang dihasilkan lebih jernih,” jelasnya.

Ia mengatakan, teknologi CMOS hanya menghasilkan gambar yang jelas di siang hari. Sementara di malam hari atau dalam kondisi gelap, gambar di layar menjadi pecah dan banyak bintik. 

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP