TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Tipe Helm yang Cocok Dipakai Saat Musim Hujan

Selain kaca bening, ukuran helm juga harus pas.
Tipe Helm yang Cocok Dipakai Saat Musim Hujan
Pengendara motor melaju di tengah hujan deras (Welovehonda)

VIVA.co.id – Hujan yang mengguyur Jakarta dan sebagian besar wilayah di Indonesia cukup mengganggu aktivitas masyarakat di luar ruangan. Terutama mereka yang biasa bepergian dengan menggunakan sepeda motor.

Selain jas hujan atau mantel antiair, pemilihan helm juga harus diperhatikan, jika tidak ingin kepala basah kuyup. Lantas, bagaimana memilih helm yang aman dan nyaman untuk musim hujan?

Direktur produsen helm Ramo Pro Performance, Richard Ryan mengatakan, pengendara harus menghindari helm dengan kaca gelap, lantaran akan mengganggu pandangan.

"Untuk musim hujan, saran saya pakai helm dengan visor bening, agar bisa mengendarai dengan aman," kata Ryan saat berbincang dengan VIVA.co.id.

Selain itu, ukuran helm juga harus pas dengan kepala. Jika tidak, maka helm akan banyak bergerak saat angin kencang menerpa, sehingga mengganggu konsentrasi.

"Jangan memakai helm yang longgar, usahakan pas dengan kepala. Memang, saat pemakaian pertama terasa pusing. Tapi, lama-lama juga terbiasa," ujarnya menambahkan.

Terakhir kata Ryan, pemotor harus memilih helm dengan bahan berkualitas. Mengingat, hujan berpotensi menimbulkan kecelakaan. Kualitas helm perlu diperhatikan demi menghindari kepala mengalami cedera parah.

"Pilih helm dengan ketebalan busa dalam sekitar tiga sentimeter, sehingga maksimal meredam benturan. Jangan pakai helm yang terlalu berat, karena akan berbahaya untuk leher.”

(mus)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP